FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Pemkot Baubau Jemput Bola Tingkatkan Capaian Vaksinasi

KBRN, Baubau: Program vaksinasi terus diintensifkan Pemerintah Kota(Pemkot) Baubau. Strategi yang akan ditempuh dengan sistem jemput bola untuk mencapai target vaksinasi 70 persen hingga akhir Desember 2021.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali mengungkapkan, hingga saat ini capaian vaksinasi Kota Baubau baru sekira 47 persen.

Karena itu, percepatan vaksinasi dilakukan melalui berbagai strategi. Salah satunya sistem jemput bola dengan sasaran kelompok masyarakat yang masih rendah capaian vaksinasinya antara lain disabilitas dan lanjut usia (Lansia).

"Jadi jemput bola akan kita lakukan. Kita harapkan Dinas Kesehatan jemput bola dengan sasaran kelompok disabilitas dan lansia karena (capaian vaksinasinya-red) masih kurang,"ungkap Muslimin Hibali ditulis Sabtu(4/12/2021).

Selain kelompok disabilitas dan lansia ungkap Muslimin, capaian vaksinasi yang masih rendah ada disektor pendidikan utamanya kelompok pelajar.

Sehingga kata Muslimin, untuk mempercepat vaksinasi dikalangan pelajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(Dikbud) mengharuskan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk pemantauan kesehatan ketika proses pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

"Anak-anak sekolah juga masih kurang capaian vaksinasinya. Jadi percepatannya melalui Dinas Pendidikan, dimana setiap yang mau adakan proses belajar mengajar harus memakai aplikasi PeduliLindungi,"ujarnya.

Muslimin menambahkan, saat ini Pemkot Baubau juga sedang menggodok Peraturan Wali Kota(Perwali) dalam rangka percepatan vaksinasi. Dalam Perwali tersebut nantinya akan memuat sanksi bagi warga belum vaksin.

"Tapi sanksinya ringan, tidak ada sanski denda. Misalnya, warga penerima Bantuan Sosial(Bansos) yang kebanyakan Lansia, kemungkinan ditunda diberi Bansos kalau belum divaksin,"pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar