Camat dan Lurah di Kota Baubau Diminta Pro Aktif Temui Warga

KBRN, Baubau : Wakil Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Ahmad Monianse menyoroti kinerja aparat pemerintah ditingkatan Kecamatan dan Kelurahan.

Sorotan kepada para Camat dan Lurah tersebut didasari karena para pejabat pembantu kepala Daerah di tingkatan bawah itu dinilai kurang tanggap dengan bencana yang dialami warganya.

Monianse mengatakan seperti yang terjadi belum lama ini saat terjadi hujan lebat yang menyebabkan sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga tergenang air, saat kejadian yang dipantaunya secara langsung itu tidak ada Camat ataupun Lurah disana. Sementara dalam kondisi seperti itu kehadiran pemerintah sangat diharapkan oleh masyarakat.

“Lurah dan Camat bisa lebih pro-aktif untuk benar-benar hadir disaat rakyat kita membutuhkan pendampingan. Kita hadir bukan untuk membuang airnya tetapi kita hadir saja, kita berdiskusi dan mencari jalan keluar itu sudah bantuan,” jelasnya, Senin (29/11/2021).

Dalam kegiatan yang difasilitasi bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Baubau pada Senin pagi itu, Wawali mengingatkan pentingnya peran RT/RW dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program pembangunan di tingkat Kelurahan.

Tidak hanya mendata warga miskin dan penerima bantuan, RT/RW juga diharapkan memberikan pertimbangan kepada Lurah dan Camat terhadap program dan pembangunan tertentu, dengan mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut.

“Banyak sekali kegiatan di Kelurahan tapi tidak mendapatkan pengawasan yang ketat. Sehingga bukannya menyelesaikan pekerjaan tetapi justru pembangunan yang dilakukan memunculkan persoalan baru,” imbuhnya.

Diapun mencontohkan yang terjadi di Kelurahan BWI, setelah pemerintah memberikan izin pembangunan kepada pihak tertentu yang terjadi adalah genangan.

Monianse berharap Camat, Lurah dan seluruh kelembagaan masyarakat kelurahan saling bersinergi, bersama-sama ikut memantau dan memberikan pertimbangan terhadap rencana pembangunan Kota Baubau, jeli terhadap program pembangunan tertentu yang tidak berdampak buruk pada kehidupan masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar