Dewan Minta Pemkot Baubau Beri Bantuan Korban Kebakaran

Ketua DPRD Baubau, Zahari ketika meninjau lokasi kebakaran di Kelurahan Lamangga (Foto RRI)

KBRN, Baubau: Hanya selang sehari, musibah kebakaran kembali terjadi di Kota Baubau tepatnya di Kelurahan Lamangga Kecamatan Murhum. Sebuah rumah semi permanen milik warga hangus dilahap api pada Jum'at pagi (26/11/2021). 

Sementara sebelumnya pada Kamis, 25 November 2021, api juga melahap sebuah rumah panggung tak berpenghuni, tidak jauh dari lokasi kebakaran kedua. 

Ketua DPRD Kota Baubau, Zahari ketika meninju lokasi kebakaran kedua meminta pemerintah kota(Pemkot) segera memberi bantuan kepada korban kebakaran. 

"Kami dari DPRD akan koordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial (supaya memberikan bantuan-red). Apalagi saya dengar keterangan dari korban dia penjahit dan sekira tiga unit mesin jahit serta satu sepeda motornya hangus terbakar,"ungkap Zahari kepada rri.co.id Jum'at(26/11/2021). 

Menurut politisi partai Golkar ini, Pemkot harus memprioritaskan bantuan yang bisa membuat korban melanjutkan rutinitas mata pencahariannya sebagai penjahit untuk menyambung hidup sehari-hari. 

Disamping itu Zahari berjanji akan mengupayakan mencari sumber-sumber bantuan lain untuk korban, melalui pihak swasta. 

"Terutama dari pihak Djarum saya akan koordinasi, apakah ada Corporate Social Responsibility (CSR) nya untuk masyarakat tertimpah musibah. Dan saya yakin mereka(pihak swasta-red) kalau diimbau pasti membantu juga. Apalagi lokasi kebakaran ini bagian dari lingkungan perusahaan Djarum,"ujarnya.

Disisi lain terkait musibah kebakaran yang terjadi berturut-turut, Zahari meminta warga  untuk selalu waspada dan selalu mengecek instalasi listrik untuk menghindari terjadinya korsleting. 

"Fasilitas listrik masyarakat harus selalu dicek, jangan sampai usianya sudah 20 tahun keatas. Itu biasanya sudah keropos sehingga bisa memicu korsleting. Jadi bukan dari PLN sendiri tetapi juga diharapkan masyarakat sedini mungkin bisa mengantisipasi korsleting dirumahnya,"pintanya.

Sementara ditemui terpisah pimpinan PT. Djarum cabang  Baubau, Jemy mengaku akan berkoordinasi terlebih dulu dengan kantor pusat terkait imbauan Ketua DPRD Baubau untuk memberi bantuan kepada korban kebakaran melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). 

"Kita disini cuman pelaksana, sedangkan terkait segala kebijakan semua terpusat. Apalagi ini kejadian baru sehingga kita masih butuh koordinasi,"ujar Jemy. 

Tetapi Jemy mengaku selama ini pihaknya rutin melaksanakan program CSR untuk membantu kegiatan masyarakat yang diusulkan melalui RT/RW dan pemerintah kelurahan Lamangga. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar