Dukcapil Baubau Tambah Alat Baru, Warga Luar Daerah Bisa Cetak KTP-el

KBRN, Baubau : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Baubau menambah satu unit alat rekam cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) versi terbaru menggunakan APBD Perubahan tahun 2021.

Kepala Dinas Dukcapil Baubau, Arif Basari mengatakan, pengadaan alat rekam cetak KTP-el tersebut salah satunya bertujuan untuk melayani pencetakan KTP-el bagi warga luar daerah yang KTP nya hilang atau rusak, tanpa lagi harus cetak didaerah asal.

Selama ini Dukcapil Baubau belum dapat mencetak KTP-el bagi warga luar daerah karena alat rekam cetak KTP-el yang dimiliki belum mendukung server terbaru.

“Sehingga tahun ini kami mengadakan alat rekam cetak KTP-el yang terbaru. Karena kami belum bisa mencetak KTP-el diluar domisili akibat terkendala server, tapi kalau sudah ada alat baru tersebut kita harapkan sudah akan bisa,”kata Arif Basari kepada rri.co.id Kamis(21/10/2021).

Kebijakan pencetakkan KTP-el diluar daerah asal diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 8 tahun 2016 tentang pedoman penerbitan KTP berbasis nomor induk kependudukan secara Nasional.

Arif menambahkan, penambahan alat itu juga untuk mengatasi kekurangan alat rekam cetak KTP-el yang dimiliki Dinas Dukcapil Baubau, agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal.

Dikatakan Arif, saat ini pihaknya hanya memiliki dua unit alat rekam KTP-el yang berfungi.

“Satu unit distandbykan di kantor Dinas Dukcapil Baubau dan satunya lagi dipakai mobile untuk menunjang perekaman KTP-el melalui upaya jemput bola diseluruh kelurahan dan SMA,”pungkasnya.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00