Ramah Lingkungan, Warga dan ASN Baubau Diajak Gunakan Motor Listrik

Sekda Baubau, Roni Muhtar Menjajal Motor Listrik Gesits (Foto:RRI)

KBRN, Baubau : Mengaspalnya motor listrik berbasis baterai di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) disambut hangat pemerintah daerah setempat.

Sekretaris Daerah Kota Baubau, Roni Muhtar menyebutkan motor listrik karya anak bangsa yang diproduksi massal Wika Industri Manufaktur tersebut bakal menjadi kendaraan masa depan.

Penggunaan kendaraan listrik akan mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar cair dari fosil beremisi karbon yang menghasilkan polusi udara. Apalagi saat ini negara-negara besar di dunia tengah berlomba-lomba memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan ini.

“Dengan adanya transportasi baru dengan harga yang terjangkau ini saya berharap masyarakat mulai berpikir untuk mengalihkan perhatiannya kepada pemanfaatan motor listrik, termasuk ASN. ASN harus menjadi contoh,” jelas Roni Muhtar saat meluncurkan motor listrik Gesits di Baubau, Senin (2/8/2021).

Dalam pengembangan kendaraan listrik, Sultra menjadi salah satu daerah yang akan dilirik negara di dunia karena dalam perut buminya terdapat kandungan nikel dan mangan yang merupakan bahan baku utama pembuatan baterai.

Berkembangnya produksi dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia kedepan membawa posisi Sultra menjadi daerah yang sangat strategis sebagai daerah penghasil energi listrik dunia.

“Dari hasil kajiannya para ahli bahan-bahanya kebanyakan dari Indonesia, lebih spesifiknya lagi di Sultra. Sehingga kalau ini sudah memasyarakat dan diterima dunia, saya kira Indonesia khususnya Sultra akan menjadi tempat yang sangat penting dalam pengadaan energy dunia,” pungkasnya.

Saat ini di Baubau sudah memiliki dealer resmi penjualan motor bertenaga maksimum 5000 W itu. Motor ini dibekali teknologi pintar dan baru pada digital dashboard, penggunanya dapat merasakan pengalaman instrument cluster yang lebih canggih dari yang lainnya.

“Harga pasarannya untuk yang satu baterai Rp34 juta, yang dua baterai Rp42 juta, sudah siap pakai,” pungkas Rasyid, pemilik dealer motor listrik.  

Di Sultra motor listrik Gesits sudah diluncurkan secara resmi oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi di Kendari pada Bulan Februari lalu.

Pemerintah daerah sangat mendukung penggunaan kendaraan listrik sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00