Alat Genose di Pelabuhan Baubau Belum Untuk Penumpang

KBRN,Baubau: Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan(UPP) Baubau telah menerima satu unit alat Genose dari Kementerian Perhubungan untuk mendeteksi Covid-19. 

Hanya saja alat tersebut hingga saat ini belum dapat dioperasionalkan untuk kepentingan calon penumpang. 

Humas Kantor UPP Baubau, Salma Kadir mengatakan hal itu lantaran alat Genose itu belum dilengkapi dengan persediaan kantong udara yang banyak untuk mendeteksi ribuan calon penumpang dari paparan  Covid-19. 

"Alat (Genose-red) sudah ada tapi bahannya belum lengkap. Jadi kalau untuk  masyarakat belum bisa digunakan. Sementara ini hanya digunakan untuk latihan saja,"ungkap Salma Kadir dalam keterangannya kepada RRI ditulis, Minggu(13/6/2021). 

Salma mengatakan, kantong udara yang merupakan satu kesatuan dari alat Genose itu hanya tersedia sekira 100 buah. Kendala itulah yang menjadi alasan pihaknya belum memanfaatkan alat Genose tersebut untuk kepentingan calon penumpang. 

Karena itu kata Salma, saat ini alat tersebut hanya digunakan sebatas untuk keperluan latihan saja. 

"Kita belum bisa laksanakan secara optimal karena(kantong udara-red) masih sekitar 100-an sehingga belum bisa kita layani masyarakat. Karena penumpang kan harus ratusan bahkan ribuan yang harus disiapkan, sementara kita belum siap,"ungkapnya lagi. 

Diketahui, Kementerian Perhubungan resmi menetapkan penggunaan GeNose sebagai salah satu syarat perjalanan bagi penumpang transportasi laut di masa pandemi COVID-19.

Kebijakan itu sesuai dengan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00