Busel Targetkan Setiap Desa Miliki Taman Baca

Ilustrasi,(Fot:Istimewa).png

KBRN, Baubau : Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) melalui Dinas Perpustakaan akan berupaya membentuk satu Rumah Baca disetiap desa.Sabtu,(27/2/2021).

Taman baca di Busel  jumlahnya bisa dihitung jari,  salah satunya Rumah Baca Labulawa  di Desa Tongali  Kecamatan Siompu yang telah dua kali mendapat prestasi tingkat provinsi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Buton Selatan Edi Rudin mengatakan, untuk merealisasikannya pihaknya akan berkoordinasi aparat desa agar membentuk taman baca dengan bantuan anggaran desa.

“Kami akan turun ke Desa desa untuk mengajak mereka (Perangkat Desa) untuk membentuk Perpustakaan desa,supaya bisa menarik minat baca anak-anak,”Tutur Edi belum lama ini.

Ia menargetkan  60 desa dan 10 kelurahan di Busel juga dapat membuat perpusatakaan di wilayahnya demi menghapus indeks buta baca di wilayah tersebut.

Lanjut Edy, sejauh ini hambatan pengembangan perpustakaan adalah anggaran,  terlebih tahun 2021 tidak ada anggaran penambahan buku bacaan, sementara taman baca yang ada sangat kekurangan buku.

“Kami keterbatasan Anggaran untuk membeli buku sehingga buku yang ada kami gilir agar anak-anak tidak bosan membaca buku yang sifatnya monoton,”Tambahnya.

Untuk mengakalinya, Dinas Perpustakaan sementara  mengadakan sistem rolling,  sebulan sekali buku akan didistrubusi secara bergilir ditiap kecamatan.

Sementara itu paling lambat April mendatang, pihaknya akan kembali mengadakan seleksi perpustakaan desa berprestasi tingkat Kecamatan untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi. Ia berharap Buton Selatan dapat mewakili Provinsi Sultra ditingkat nasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00