Komunitas Ruang Buku Konawe Gelar Lapak Baca Buku Gratis dan Lomba Mewarnai

Minat baca anak anak

KBRN,Kendari: Ditengah perkembangan teknologi di era digitalisasi saat ini, minat membaca generasi muda kini mulai tergerus, sementara buku tidak lagi menjadi aspek penting dalam kehidupan.

Menyikapi hal itu, Komunitas Ruang Buku (KRB) atau Komunitas Pencinta Buku (KPB) Kabupaten Konawe, menggelar lapak baca buku gratis dan lomba mewarnai, dengan tema “Membaca, Peduli dan Berbagi” bertempat di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Sabtu (2/7/2022).

Asti Septianingsih, anggota KRB, mengungkapkan, keinginan menggelar lapak baca buku gratis dan lomba mewarnai  tersebut timbul dari rasa keprihatinan terhadap minat baca yang dinilai semakin kurang, terutama bagi generasi muda saat ini. Rencananya, lapak baca ini akan digelar setiap dua pekan sekali

“Membaca merupakan aspek penting dalam kehidupan, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca, seperti meningkatkan kinerja otak, menambah pengetahuan dan mengasah daya ingat,” ungkap Asti Septianingsih.

Asti Septianingsih menjelaskan, KRB Konawe berdiri sejak tahun 2018 lalu, yang digagas oleh anak-anak muda yang hobi membaca buku. Kemudian, kami mulai mengumpulkan buku-buku yang telah dibaca, kini jumlahnya telah ratusan eksemplar.

Buku-buku itu, berasal dari milik pribadi yang dikumpulkan secara sukarela dan dari anggota komunitas serta donasi masyarakat, baik dari dalam maupun luar daerah.

Komunitas Ruang Buku juga rutin melakukan bedah buku bersama secara online dan mengadakan kelas literasi, bagi anak-anak di sekolah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar