11 Kafilah Ramaikan MTQ Ke XXIX Kota Kendari

KBRN, Kendari: Sebanyak 11 kafilah mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke XXIX Tingkat Kota Kendari di Masjid Al Alam pada Sabtu (29/1/2022).

Sebelum di buka oleh Wali Kota Kendari, diawali dengan pelantikan Ketua dan Anggota dewan hakim yang akan memimpin MTQ yang rencananya akan berlangsung selama tiga hari.

Dalam sambutannya, Wali Kota Kendari Sulkarnain meminta agar Alquran tidak hanya menjadi bacaan, namun harus dijadikan pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari karena dapat menuntun umat muslim di era yang penuh tantangan seperti saat ini.

“Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an kali ini juga kita jadikan sebagai penyemangat, mengisi jiwa-jiwa kita, mewarnai aktifitas keseharian kita dengan semangat Al-Qur’an, tidak hanya dengan membacanya tapi juga menghayati mengamalkan dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita,” kata Sulkarnai Kadir saat membuka pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Kendari.

Sulkarnain juga mengungkapkan, MTQ merupakan sarana untuk saling mengingatkan bahwa melakukan pembangunan tidak hanya fisik saja, tapi juga membangun jiwa dan mewarnai hidup sehari-hari berpedoman dengan Alquran sehingga bisa memberikan dampak yang baik dan keberkahan bagi Kota Kendari.

“Karena sering saya sampaikan bahwa kalua kita hanya bersemangat membangun Gedung, membangun sarana infrastruktur fisik tetapi tidak dibarengi dengan tekad untuk membangun jiwa manusianya, mengisi ruh-ruh kita dengan semangat Al-Qur’an maka jangan kaget kalau kemudian capaian-capaian pembangunan fisik kita sukses lakukan itu tidak memberikan dampak seperti yang kita harapkan,” terangnya.

Dalam pelaksanaan MTQ itu Wali Kota Sulkarnain berharap generasi muda bisa menjadi generasi pelanjut yang kuat dan tidak hanya sibuk dengan gadget dan aktivitas onlinenya. sehingga mereka bisa bersaing dan menghadapi kerasnya kehidupan saat ini dan yang akan datang.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia MTQ Agus Salim Safrullah menjelaskan, sebanyak 391 peserta dari 11 kecamatan akan meramaikan MTQ tahun 2022 ini. Para peserta mengikuti 8 cabang yang dilombakan yakni, Cabang Seni Baca Al-quran, Qira’at Alquran, Hafalan Al-quran, Tafsir Al-quran, Fahmil Quran, Seni Kaligrafi, Syarhil Alquran dan Karya Tulis Ilmiah.

Para pemenang nantinya akan mewakili Kota Kendari dalam MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar