Cegah Kekerasan Anak, Sakti Peksos Sambangi SMPN 5 Batauga

Sakti Peksos Buton Selatan, LM Yamin sosialiasasi di SMPN 5 Batauga (Foto:IST)
Sakti Peksos Goes To School (Foto:IST)

KBRN, Baubau : Kementerian Sosial RI melalui Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali menggelar Peksos Goes To School sebagai upaya mencegah terjadinya berbagai tindak kekerasan yang melibatkan anak-anak di bawah umur.

Di awal tahun 2022 ini, tepatnya Rabu, (26/1/2022) Peksos Goes To School Buton Selatan menyambangi SMPN 5 Batauga, Kecamatan Batauga.

Sakti Peksos Wilayah Kerja Dinas Sosial Buton Selatan, La Ode Muhammad Yamin mengatakan kegiatan rutin ini merupakan sarana edukasi berupa peningkatan kapasitas anak mengenai pencegahan dan dampak buling di lingkungan sekolah.

“Berikutnya materinya mengenai pergaulan bebas. Agar tidak menjadi korban pencabulan maupun persetubuhan. Selain itu bagaimana sebagai seorang siswa agar tidak terjerumus pada tindakan-tindakan penganiayaan ataupun perkelahian baik di dalam sekolah maupun di lingkungan masyarakat,” jelasnya kepada RRI.

Kedepan lanjut Yamin kegiatan serupa akan terus lakukan hingga ke Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan melibatkan stakeholder terkait, diantaranya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Buton Selatan.

LM Yamin menyebutkan kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Buton Selatan cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Meski tidak merinci, kasus yang terjadi sepanjang tahun 2021 lebih tinggi dari tahun 2020.

“Diantara banyaknya kasus yang berkaitan dengan anak itu kasus yang paling menonjol adalah kasus pelecehan seksual,” tambahnya.

Sementara itu salah seorang siswa SMPN 5 Batauga, Fitma mengaku berterimkasih atas sosilisasi yang dilakukan. Menurutnya penguatan dan peningkatan kapasitas yang berkaitan dengan berbagai tindak kekerasan ini sangat dibutuhkan agar membuat semakin mawas diri terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Materi sosialisasi yang diberikan sangat bagus dan mudah dipahami,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar