Alumni SLB Tat Twam Asi Baubau Banyak Berwirausaha, Bahkan Ada PNS juga TNI

Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Swasta Tat Twam Asi Baubau Muh Ikbal ,(Dok.RRI).jpg

KBRN, Baubau : Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Swasta Tat Twam Asi Baubau Muh Ikbal harapkan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus  mengikut sertakan buah hatinya dibangku sekolah.

Ia menuturkan dalam setahun penerimaan siswa baru di sekolahnya paling banyak 5 (Lima) anak, padahal menurutnya banyak anak-anak disabilitas yang tidak mendapat kesempatan mengenyam pendidikan seperti anak-anak normal lainnya.

Ia menilai tidak sedikit orang tua yang menjadikan anak disabilitas sebagai aib keluarga, padahal anak-anak disabilitas juga berbakat dan berprestasi.

“Anak-anak disabilitas sesungguhnya bukan aib, namun mereka (difabel) adalah anugerah dan mereka butuh pendidikan formal, untuk itu jangan malu berkomunikasi dengan sekolah khususnya SLB untuk penanganannya,”ungkap Iqbal ditemui RRI. Kamis,(16/9/2021).

Iqbal menjelaskan, sekolah luar biasa tidak monoton pemberian materi, namun 60 persen melatih keterampilan anak.

Lanjut Iqbal, cukup banyak alumni yang bersekolah di SLB tat twam Asi sukses setelah mendapat keterampilan dari sekolah dan Balai latihan kerja hasil kerjasama sekolah dengan Kementerian.

Rata-rata pasca bersekolah para difabel menjadi wirausaha bahkan ada diantaranya berprofesi sebagai guru, lulus ASN di jalur khusus dan ada pula TNI, bahkan baru-baru ini Dion Saputra siswa sekolah tersebut juara 1 dai spesial tingkat nasional.

“Alumni kami ada PNS di Bandung dia tuna netra, ada TNI dia dulunya tuna laras yang telah mendapat pembinaan sekolah hingga bisa ikut tes, yang berwirausaha juga banyak mulai tukang cukur hingga penjahit, ada juga Pol PP, itu hasil pembinaan kami dan juga Balai,”sebutnya.

Sejauh ini total siswa SLB Tat Twam Asi mencapai 68 siswa mulai dari jenjang SD hingga SLTA dari berbagai daerah di Kepulauan Buton, bahkan beberapa dari daratan Muna dan kabupaten Bombana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00