Dikbud Sultra Siapkan Juknis Hadapi PPDB 2021/2022

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara Asrun Lio (Gafar)

KBRN,Kendari: Menghadapi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah menyiapkan Petunjuk Teknis (Juknis) SMAN/SMKN.

Kepala Dinas Dikbud Sultra Asrun Lio mengungkapkan, pada prinsipnya pihaknya berupaya menyelenggarakan kegiatan PPDB jenjang SMAN dan SMKN agar berjalan secara objektif, transparan, akuntabel dan tidak diskriminatif.

"Melalui semangat tersebut maka Dikbud Sultra telah menyusun sebuah Juknis sebagai petunjuk dasar dan lebih terinci terkait pelaksanaan PPDB tersebut," terangnya Asrun Lio, Senin (14/06/2021). 

Asrun menambahkan, juknis tersebut sebagai salah satu upaya memberikan layanan pendidikan yang bermutu kepada setiap Warga Negara Indonesia, khususnya di wilayah Sultra sekaligus sebagai wujud dari amanah UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang manajemen pengelolaan SMA, SMK, dan PK-PLK Negeri yang telah menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

“Dalam penerimaan PPDB tersebut menggunakan dua sistem yakni online atau daring dan offline atau secara luring. Online disediakan seleksi PPDB dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga calon peserta didik baru bisa mendaftar dan memantau proses seleksinya secara langsung melalui akses internet, sedangkan sistem offline disediakan khusus untuk seleksi PPDB yang masih kesulitan atau di luar jaringan internet,” papar Lulusan S3 ANU-Camberra ini.

Untuk waktu pendaftaran mulai 21 Juni hingga 3 Juli 2021 dan bisa diakses melalui link pendaftaran hhtps://ppdb-sultra.cerdas.click. 

“Total sekolah di Sultra untuk SMAN sebanyak 241 sekolah dan 102 SMKN, yang siap melaksanakan juknis dimaksud,” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00