Sosok Ummi Nurmala, Dari Aceh Mengabdikan jadi Guru Ngaji di Kendari

KBRN, Kendari: Memanfaatkan waktu libur selama bulan Ramadhan, puluhan remaja putri di Kelurahan Andonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari mengisinya dengan belajar mengaji dan tajwid Al Qur’an.

Para remaja ini semangat belajar karena dibimbing langsung oleh Ustazah Nurmala yang berasal dari Provinsi Aceh atau biasa dikenal Negeri Serambi Mekkah. 

Nurmala atau biasa disapa Ummi Nurmala mengajar mengaji di sekitar kompleks BTN. Wirabuana ini sejak empat bulan terakhir. Murid yang datang belajar tidak hanya dari kalangan remaja saja, tetapi juga kalangan ibu-ibu. 

Menurut Ummi Nurmala, selain mengajarkan cara mengaji, dirinya juga mengajarkan Ilmu tajwid. Ilmu Tajwid adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara melafalkan huruf Al Qur’an yang benar dan di benarkan.

“Karena memang Ummi waktu di Aceh mengajar Tajwid Al Qur’an. Ummi juga mau serahkan ilmu kepada anak-anak kami disini biar cepat mengerti bagaiman cara membaca Al Qur’an,” Ujar Ummi Nurmala

Sementara itu, Salah satu murid bernama Tasnya mengaku senang bisa belajar bersama Ummi Nurmala meski baru dua minggu. Menurutnya banyak ilmu agama yang diperoleh, tidak hanya ilmu Tajwid tetapi juga ilmu agama.

“Saya baru belajar dua minggu disini, jadi belajar ilmu Tajwid,” Tutur Tasya

Ummi Nurmala merupakan pendatang dari Kabupaten Aceh Besar provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Dirinya datang di Kota Kendari agar bisa dekat dengan kedua anaknya yang sudah menikah dan bekerja di Kendari, apalagi suaminya sudah meninggal. 

Dirinya berharap para murid bisa membaca Al Qur’an agar tetapi juga memiliki akhlak yang baik ketika berada di lingkungan masyarakat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00