Dikbud Baubau Wacanakan Marger Sekolah Dasar

Kadis Dikbud Baubau, Abdul Karim (Foto:RRI)

KBRN, Baubau : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), mewacanakan penggabungan (merger) sejumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang lokasinya berdekatan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau Abdul Karim mengatakan wacana merger itu mencuat karena melihat kondisi sekolah yang berdekatan itu sudah tidak efektif lagi.

Hal ini disebabkan jumlah murud dari kedua sekolah yang semakin sedikit, ditambah jumlah tenaga pendidik guru tiap tahun juga semakin berkurang. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak pada penyebaran kualitas pendidikan ditiap sekolah yang tidak merata.

“Kita ada banyak sekolah yang berdekatan, SDN 1 Lamangga dengan SDN 3 Lamangga, SDN 1 Kaobula dengan SDN 2 Wameo, SDN 7 Baubau dengan SDN 1 kadolomoko, SDN 1 dengan SDN 6 Baubau,” jelasnya kepada RRI, Kamis (15/4/2021).

Dengan mencuatnya rencana marger sekolah ini lanjut Abdul Karim maka dipastikan tidak ada penambahan pembangunan SDN di tahun ini.

Sementara itu terkait rencana penambahan gedung SMP Negeri di Kecamatan Batupoaro yang sempat diwacanakan pembangunannya di Kotamara sejak tahun lalu hingga kini belum terealisasi karena belum didapatkan tempat yang tepat dan tidak berbenturan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Mengenai wacana pembangunan SMPN di Batupoaro kemarin kita terkendala belum dapatkan lokasi,” pungkasnya.

Terkait kurangnya tenaga guru PNS, Abdul Karim menaruh harapan besar segera terealiasinya perekrutan guru melalui jalur P3K.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00