Antisipasi Makanan dan Obat Berbahaya, Balai POM Kendari Gelar Penyuluhan di Kelurahan Wawonggole

KBRN, Konawe: Guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap keamanan dan mutu obat dan makanan, Balai POM di Kendari memberikan penyuluhan kepada warga di Balai Kelurahan Wawonggole, kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe.

Koordinator Fungsi Kelompok Infokom Balai POM Kendari Hasnah Nur menjelaskan edukasi dilakukan guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang keamanan dan mutu produk obat, kosmetika, Obat Tradisional, pangan dan bahan berbahaya guna melindungi masyarakat dari produk yang beresiko terhadap kesehatan. 

Dijelaskan, teknologi infomasi yang semakin modern saat ini membawa perubahan terhadap gaya hidup masyarakat. 

Promosi produk melalui berbagai media termasuk jejaring sosial yang disertai dengan testimoni berlebihan dapat menggiring masyarakat untuk lebih memilih produk dari segi tren, penampilan, efek yang cepat, cita rasa, serta harga yang murah. 

“Kondisi masyarakat seperti ini jika ditambah dengan pengetahuan yang belum memadai tentang obat dan makanan ilegal dikhawatirkan dapat meningkatkan kecenderungan masyarakat untuk menggunakan produk tanpa memperhatikan legalitas, kualitas dan keamanannya,” jelas Hasnah Nur 

Ditambahkan, Obat atau produk terapetik merupakan produk farmasi yang sangat besar artinya bagi kesehatan manusia dengan pertumbuhan yang pesat  baik dalam jumlah maupun jenisnya. Produk terapetik tersebut mulai dari obat bebas sampai dengan golongan obat keras termasuk psikotropik. 

Produk terapetik utamanya Golongan Obat Bebas mudah ditemukan oleh masyarakat di kota maupun desa-desa yang disalurkan lewat kios, toko obat, puskesmas, klinik, dan rumah sakit. 

“Kepada masyarakat dihimbau untuk tidak sembarang membeli obat, tebus Resep obat di Apotek, beli obat bebas atau bebas terbatas selain di apotek dapat di beli di Toko Obat berizin,” Tambah Nur Hasnah

Seiring perkembangan teknologi, animo masyarakat untuk mengkonsumsi produk yang berasal dari alam yang dikenal dengan obat tradisional juga terus meningkat. 

Penggunaan kosmetik juga semakin marak di seluruh Indonesia, termasuk di pelosok- pelosok daerah. Kosmetik juga yang semakin marak berdar dengan tanpa izin edar atau illegal juga menjadi bagian yang harus diwaspadai. 

Kosmetik yang mengandung yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri akan sangat beresiko terhadap kesehatan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar