Jelang Idul Adha Dispertan Baubau Sidak Penjual Kambing

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispertan Baubau drh Jusriati saat memeriksa kambing di jalan bulawambona ,(Dok.RRI)
Jelang Idul Adha Dispertan Baubau Sidak Penjual Kambing

KBRN, Baubau : Menjelang Hari Raya Idul Adha Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kota Baubau melalui bidang peternakan mengadak pemeriksaan terhadap ratusan kambing jualan warga.Senin,(4/7/2022).

Pemeriksaan berlangsung di beberapa titik penjualan hewan kurban di Pos 3 Kelurahan Tarafu, Jembatan Beli kecamatan Murhum dan Pulau Makassar Kecamatan Kokalukuna.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispertan Baubau drh Jusriati menyebutkan hari pertama sidak pihaknya memeriksa lebih dari 300 kambing tersebar di beberapa titik.

Hasil pemeriksaan belum ditemukan ada hewan berpenyakit menular seperti antraks dan brucellosis termasuk kambing yang mengarah ke Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Hari ini kami belum menemukan hewan yang bergejala  PMK, Brucellosis dan antraks, hanya ada 1 hewan tadi yang menderita katarak,”tuturnya.

“Kalau hewan katarak masih aman dikonsumsi tetapi tidak bisa untuk hewan qurban,”tambahnya.

Sidak kali ini tidak dibarengi dengan pengobatan terhadap hewan, karena waktu hari raya kurban tidak sampai seminggu lagi.

Lanjut Jusriati, rata-rata kambing yang diperjual belikan di Baubau berasal dari Poleang Kabupaten Bombana, Kabupaten Kolaka dan paling jauh dari Flores Nusa Tenggara Timur.

“Hewan yang masuk di Baubau bukan dari daerah penularan PMK seperti pulau Jawa dan Sumatera,”jelasnya.

Pemeriksaan kesehatan hewan masih akan berlangsung hingga H – 1 Lebaran Idul adha baik terhadap ternak kambing dan sapi yang tersebar di delapan Kecamatan se Kota Baubau.

“Besok kita ke Ngkaring-Ngkaring periksa sapi disana,”tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar