Dispertan Baubau Imbau Peternak Teliti Membeli Anakan Sapi

Dispertan Baubau berikan suntikan vitamin dan obat cacing kepada sapi di kelurahan Ngkaring-karing,(DOk.RRI)

KBRN, Baubau : Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) melalui Bidang Peternakan  meminta kepada para peternak untuk selalu waspada terhadap penyakit mulut dan kuku yang menyerang sapi dan hewan berkuku genap lainnya.Kamis,(19/5/2022).

Sosialisasi ditingkat peternak terus ditingkatkan untuk mencejah masuknya sapi bergejala di Kota Baubau.

Salah satu staf Bidang Peternakan Dispertan Kota Baubau Asnawati saat berinteraksi bersama peternak  meminta para pemelihara hewan agar teliti membeli bibit. Pastikan hewan sapi dan sejenisnya yang dibeli dalam keadaan sehat dan tidak ada tanda-tanda fisik yang mengarah pada gejala PMK seperti sariawan dan kuku copot.

“Kita sekarang lagi menyambut idul adha, kepada para peternak hati-hari membeli bibit sapi, selalu periksa kesehatannya apalagi sekarang lagi marak penyakit PMK,”tutur Asnawati.

“Kalau ada yang bergejala PMK segera laporkan ke Dinas,”imbaunya.

Menanggapi itu salah satu peternak sapi Dewa Kadek Bisama mengaku hewan miliknya dalam keadaan sehat. Setiap kali ada tawaran dari pemasok pihaknya teliti memilihnya.

“Setiap kali ada sapi masuk kita teliti membeli, kalau penyakitan atau cacat kita tidak jadi ambil,”pungkas Bisama.

Dispertan gencar sosilasisi kepada peternak, sejak Rabu 13 Mei Bidang Peternakan mulai meningkatkan pemeriksaan hewan dan memberikan vitamin serta obat cacing kepada sapi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar