Pemkab Buton Tengah Siap Gelar Vaksinasi Anak 12 Tahun Kebawah Sasar 14.668 Pelajar

Kepala Dinas Kesehatan Buton Tengah Kasman ,(Foto.WA)

KBRN, Baubau : Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan vaksinasi bagi anak usia 6 – 11 tahun.

Sasaran yang ingin dicapai Pemda Buteng untuk vaksinasi anak dibawah 12 tahun sejumlah 14.668 pelajar.

Kepala Dinas Kesehatan Buton Tengah Kasman mengungkapkan, setelah keluar aturan baru dari Pemerintah Pusat, pihaknya langsung menjemput vaksin di provinsi untuk persiapan vaksinasi yang mendominasi pelajar sekolah dasar itu.

“Sasaran kita untuk vaksinasi pelajar ini ada 14.668 anak,”ungkapnya dihubungi RRI.

Meski tidak menyebutkan kapan vaksinasi anak akan dimulai, namun Ia komitmen akan dilaksanakan dalam waktu dekat, setelah tuntas tahapan sosialisasi di Puskemas, Sekolah-sekolah, TNI Polri hingga lintas sektor lainnya.

Setelah tuntas ditingkat Sekolah dan Lintas Sektor, sosialisasi akan dilanjutkan ditingkat Kecamatan dan Kelurahan agar dapat mengumpulkan para sasaran penerima vaksin, bahkan orang tua siswa bakal diundang  di lokasi vaksinasi misalnya di Sekolah atau kelarahan.

Rencananya kata Kasman, pelaksanaan vaksinasi akan digelar di 14 pelayanan kesehatan, pelaksanaan vaksinsai sekolah dipastikan akan memakan waktu lama dibandingkan vaksinasi tingkat umum usia 12 tahun ke atas.

“Sesuai panduan kementerian kesehatan Jenis vaksin  yang akan diberikan sinovac,”tambahnya.

Dinas Kesehatan berkomitmen akan melakukan sistem jemput bola antara sekolah untuk mempercepat capaian target, selain itu jga untuk menghindari kerumunan dan mempermudah mobilisasi anak.

“Hingga 18 januari cakupan vaksinasi secara umum di Buteng sudah 60,78 persen,”jelasnya.

Sebelumnya Pemerintah Daerah dibuat galau lantaran aturan pelaksanaan vaksinasi hanya bisa digelar oleh daerah yang cakupan vaksinasi lansia dan dosis keduanya diatas 50 persen, namun adanya aturan baru dari pusat membuat beberapa daerah di Kepulauan Buton sudah mulai mempersiapkan tahapan-tahapan vaksinasi anak 12 tahun kebawah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar