FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Pemkot Baubau Telah Suntikan 55.578 Dosis Vaksin

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Rahmat Tuta(Dok.RRI)

KBRN, Baubau: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau Sulawesi Tenggara(Sultra) telah menyuntikan 55.578 dosis vaksin Covid-19. 

Dari jumlah itu, warga yang telah disuntik vaksin dosis pertama sebanyak 35.755 jiwa dan dosis kedua 19.823 jiwa, dari target vaksinasi Kota Baubau sebanyak 120.281 orang. 

Plt Kepala Dinkes Baubau, Rahmat Tuta mengatakan, suntikan vaksin menyasar berbagai lapisan masyarakat mulai dari tenaga kesehatan, pelayan publik, remaja, pelajar, disabilitas hingga lanjut usia (Lansia). 

"Kita target vaksinasi 120.281 orang, yang sudah divaksin dosis pertama itu 35.755 atau mencapai 29,7 persen capaian dan dosis kedua itu 19.823 atau 17 persen," ungkap Plt Kepala Dinkes Baubau, Rahmat Tuta, dikonfirmasi rri.co.id di kantornya, Jum'at (17/9/2021). 

Rahmat Tuta mengatakan, untuk mencapai target vaksinasi 80 persen sesuai arahan pemerintah pusat, pihaknya terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 disemua lapisan masyarakat. 

Untuk menunjang itu, 17 Puskesmas se-Kota Baubau membuka layanan vaksinasi. Selain itu, Dinkes Baubau juga menjalin kerjasama dengan Polres Baubau dalam pelayanan vaksinasi. 

"Jadi di Polres Baubau setiap hari Sabtu ada pelaksanaan vaksinasi atas kerjasama kami dengan Polres. Jadi, kalau ada yang mau vaksin baik dosis pertama maupun dosis kedua, silahkan juga ke Polres Baubau,"ujar Asisten I Sekretatiat Daerah (Setda) Baubau ini.

Rahmat Tuta mengimbau masyarakat secara sukarela mengikuti program vaksinasi Covid-19. Sehingga, harapan untuk menciptakan herd immunity bisa tercapai tahun ini sesuai target pemerintah pusat.

Karena menurutnya, bila herd immunity telah tercapai, dirinya meyakini Covid-19 tidak akan lagi memberi efek besar terhadap kesehatan manusia karena vaksinasi membentuk kekebalan tubuh terhadap paparan virus. 

"Dengan kebalnya kita, maka virus Corona yang masih berkeliaran tidak berarti lagi. Jadi harapannya, mari semua kita vaksin baik orang tua, remaja dan anak-anak. Stok vaksin kita siap dan semua puskesmas siap melayani vaksinasi,"tandas Rahmat Tuta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00