Pemerintah Perketat Pemberlakukan PPKM Mikro di kabupaten Buton

RSUD KABUPATEN BUTON (FOTO:IST)

KBRN, Baubau : Direktur RSUD Kabupaten Buton, dr Ramli Code berharap pemberlakuan PPKM Mikro diterapkan sedisiplin mungkin. Pasalnya jika tidak, persediaan tempat tidur di ruang-ruang isolasi Rumah Sakit akan dipenuhi pasien Covid-19.

Ramli menyebutkan melalui skema PPKM Mikro hingga ke tingkat RT/RW, pemerintah setempat diharapakan dapat menyediakan tempat isolasi mandiri yang diperuntukan bagi pasien terpapar Covid yang tidak bergejala dan bergejala ringan, sebab saat ini pelayanan di RSUD Buton diprioritaskan bagi pasien dengan gejala sedang hingga berat, mengingat terbatasnya ruang isolasi, jumlah tenaga kesehatan, hingga ketersediaan tabung oksigen.  

“Kalau PPKM Mikro kurang berhasil kita akan kewalahan dengan jumlah pasien yang akan banyak masuk RS. Harapan saya di PPKM Mikro akan dipisahkan, kalau yang tidak bergejala di isolasi mandiri. Kita siapkan RS untuk yang bergejala sedang sampai berat,” terangnya kepada RRI, Selasa (27/7/2021).

Ketua UTD PMI Kabupaten Buton ini juga meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dimanapun beraktifitas. Tingginya penularan kasus yang terjadi akhir-akhir ini menandakan virus covid-19 masih terus menyebar dan sulit terdeteksi penularannya.  

“Serba hati-hati sekarang, protokol kesehatan 5 M diperketat. Karena kita sekarang tidak tahu lagi siapa yang bisa menularkan karena banyaknya masyarakat yang terpapar Covid-19 dalam kondisi tak bergejala sehingga merasa tak apa-apa. Jangan sampai masuk RS sudah dalam keadaan sesak, berat sekali pertolongannya,” harapnya.

Mengantisipasi melonjaknya pasien Covid di Buton, pihak Rumah Sakit menyiapkan penambahan satu ruang isolasi bekapasitas 18 tempat tidur. Menambah yang sebelumnya tersedia satu ruangan berkapasitas 15 tempat tidur.

Sebelumnya Bupati Buton, La Bakry dalam berbagai kegiatannya diluar kantor terus mengingatkan masyarakat bahwa membatasi aktivitas berkerumun di masa PPKM ini merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid 19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00