RSUD Kota Kendari Wajibkan Keluarga Pasien Covid 19 Tanda Tangani Surat Pernyataan

RSUD Kota Kendari

KBRN, Kendari : Management Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari mewajibkan keluarga pasien menandatangi surat pernyataan selama pasien mendapatkan perawatan

Kepala RSUD kota Kendari dr. Sukirman mengatakan seiring dengan banyak kasus di RSUD Kota Kendari terkait dengan keluarga pasien yang meninggal dunia dan hampir semua keluarga pasien berkeinginan untuk membawa pulang jenazah, maka pihaknya berinisiatif untuk membuat surat pernyataan sebelum masuk perawatan di RSUD kota Kendari.

“Jadi dalam surat pernyataan tersebut juga di terangkan apabila pasien telah dinyatakan positif terpapar covid 19 maka pihaknya wajib melakukan perawatan hingga pemakaman secara protokol kesehatan covid 19 sesuai dengan peraturan menteri kesehatan(Permenkes).”Tutur Sukirman, Senin (26/7/2021)

Menurut Sukirman pihaknya juga memastikan pasien yang masuk di RSUD Kota Kendari tidak serta merta langsung di kategorikan terpapar covid 19 namun apabila dari hasil pemeriksaan telah dinyatakan terpapar covid 19 maka pihaknya wajib melakukan perawatan hingga pemakaman secara prokes covid 19.

“Jadi bukan mengatakan bahwa harus covid,bukan dan itu tidak betul, kecuali dinyatakan positif covid 19 maka keluarga harus menandatangani surat pernyataan siap mengikuti prokes covid 19.”ujar Sukirman.

Menurut Sukirman dalam penanganan pasien covid 19 mulai dari perawatan hingga pasien meninggal dunia pihaknya memastikan tidak akan memungut biaya sepeserpun sebab seluruh biaya telah di tanggung oleh pemerintah baik pusat maupun daerah.

Untuk di ketahui berdasarkan data satgas covid 19 kota Kendari per 25 Juli 2021  jumlah kasus terkonfirmasi positif covid 19 tercatat 6.472, sembuh 5.385, meninggal dunia 82 orang dalam perawatan 1005 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00