Oksigen Tersedia, IGD RS Siloam Buton Kembali Buka

KBRN,Baubau: Ruang Instalasi Gawat Darurat(IGD) Rumah Sakit Siloam Buton kembali dibuka setelah sebelumnya sempat ditutup sementara pada Minggu 25 Juli 2021 akibat keterbatasan stok oksigen. 

Direktur Rumah Sakit Siloam Buton, dr. Agung mengungkapkan penutupan sementara IGD pada hari minggu itu dikarenakan persediaan oksigen tidak mencukupi. Sedangkan saat itu ada 12 pasien di IGD yang membutuhkan oksigen kadar tinggi akibat sesak napas dan hasil antigen semua pasien itu positif Covid-19.

"Maka dari itu kita tutup sementara IGD. Karena kalau ada lagi pasien kita mau simpan dimana dan kita mau kasih apa, oksigen tidak ada. Tapi per pagi ini oksigen sudah datang 30 tabung sehingga emergency kita buka lagi,"ungkap dr. Agung dikonfirmasi rri.co.id Senin(26/7/2021). 

Selama ini kata dr. Agung, persediaan oksigen di RS Siloam Buton bersumber dua jenis yakni oksigen konsentrator dan oksigen generator dengan kapasitas 80 liter per menit atau setara 20 tabung perhari. 

Namun saat adanya pandemi Covid-19 kata dia, persediaan oksigen itu sudah tidak mencukupi lagi untuk memenuhi kebutuhan pasien. 

"Waktu sebelum Covid-19 kebutuhan kami cukup, tapi pada saat ini dimana banyak yang membutuhkan oksigen kadar tinggi makanya tidak cukup. Sehingga kami butuh beli lagi oksigen, selain oksigen generator,"ungkapnya.

Untuk itu pihaknya mengharapkan distribusi oksigen dari pihak vendor tidak terhambat sebab jika tidak maka dapat melumpuhkan pelayanan rumah sakit terutama untuk pasien Covid-19. 

Meski begitu ia juga mengatakan, kendati    saat ini persediaan oksigen sudah dapat teratasi, namun kendala lain adalah soal ketersediaan ruangan untuk pasien Covid-19. 

Per hari ini kata dr. Agung, pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam Buton berjumlah 26 pasien dengan gejala berat hingga ringan. Dari 26 pasien itu, 10 pasien terpaksa harus dirawat di IGD karena ruang perawatan pasien Covid sudah penuh. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00