Loka POM Baubau Bentuk Tim Cyber Patrol Awasi Produk Ilegal di Medsos

Kantor Loka POM Baubau,(Dok.RRI).jpg

KBRN, Baubau : Loka Pengawasan Obat dan Makanan Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Baubau tingkatkan  pengawasan terhadap Produk pangan termasuk kosmetik ilegal yang marak diperdagangkan di media sosial utamanya facebook.Rabu (12/5/2021).

Kepala Loka Pom Baubau Miniarti Purba melalui Koordinator Pengawasan Irianti Amin mengatakan, khusus pengawasan kosmetik ilegal di media sosial, pihaknya telah membentuk tim Ciber Patrol, serta bekerjasama dengan admin jual beli online untuk memfilter setiap postingan yang berindikasi pangan maupun produk tanpa izin edar.

“Untuk pengawasan di Media Sosial kami ada Tim Cyber Patrol,”kata Irianti. Awal pekan lalu.

Setiap  produk illegal baik makanan, obat ataupun kosmetik  akan ditindak lanjuti dan  dihapus dari laman FB jua beli online.

Selain menghapus postingan, Loka Pom Baubau juga melakukan pembinaan melalui akun facebook bersangkutan,  terkait  kosmetik berbahaya dan juga aman bagi kesehatan.

Untuk itu masyarakat diminta jeli membeli produk dengan mengecek label POM pada produk yang akan dibeli di aplikasi Cek BPOM atau BPOM Mobile lewat HP android.

Data terakhir Loka POM Baubau temuan kemasan rusak, kadaluarsa dan tanpa izin edar  di lima kabupaten kota untuk tahun 2019 mencapai 23.825 picis, 2020 menurun 12.570 picis dan pertengahan tahun 2021 menjadi 878 picis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00