Pesta Panen Jagung "Kasaraka" di Muna

KBRN, Kendari : Sejak jaman dahulu, jagung menjadi bahan makanan pokok bagi masyarakat suku Muna di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bagi mereka yang memiliki lahan perkebunan jagung, memiliki tradisi-tradisi turun-temurun mulai dari proses pembukaan lahan hingga proses tanam dan panen semua diatur dalam tradisi adat yang merupakan kearifan lokal masyarakat Muna.

Salah satu tradisi menarik dalam budaya Muna adalah pada masa panen jagung dan pemilik kebun akan membuat acara pesta panen, yang biasanya dilaksanakan saat usia tanaman jagung memasuki 60 hari.

Sehari sebelum pesta panen, pemilik kebun akan melakukan sebuah prosesi ritual panen yang disebut "Kasaraka” yang dipimpin oleh pemuka adat yang disebut "Parika".

Ritual ini dilakukan tidak lain sebagai wujud rasa syukur karena jagung yang ditanam telah tumbuh dengan baik dan telah memasuki usia panen, serta juga memohonkan kepada Allah SWT agar terus dijaga dan hasilnya melimpah serta menjadi berkah bagi semua orang hingga  masa panen yang dalam bahasa Munanya disebut "katongka".

Usai ritual Kasaraka dilakukan, esok paginya barulah pemilik kebun bisa mengambil tanaman yang akan dikonsumsi pada saat pesta panen, dan kemudian di olah menjadi bahan makanan seperti katumbu, katumbu gola, kamperodo, dan juga jagung bakar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar