Tradisi Kande-Kandea, Sambut Tamu HUT Sultra di Kota Baubau

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengikuti tradisi Kande-Kandea di Baruga Wolio (Foto:RRI)

KBRN, Baubau : Menyambut kedatangan para tamu HUT Sultra ke 58 dan Napak Tilas Oputa yi Koo di Kota pemilik benteng terluas di dunia,  jajaran Pemerintah Kota Baubau menggelar perjamuan makan siang bersama yang dikemas dalam bentuk tradisi Pekande-kandea berlangsung di Baruga Wolio, Minggu (23/5/2022).

Dengan terselenggaranya acara ini Gubernur Sultra Ali Mazi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Baubau karena kembali melaksanakan ritual pekande-kandea yang merupakan tradisi dan budaya warisan para leluhur.

“Saya berterimakasih kepada Wali Kota Baubau karena hari ini kita telah melaksanakan budaya yang telah ditinggalkan para leluhur untuk tetap kita pertahankan. Karena dengan cara inilah kita bisa bersilaturahmi antara satu dengan yang lain,” ungkapnya.

Meskipun sudah ada kebijakan dari pemerintah pusat terkait pelonggaran penggunaan masker dalam aktivitas sehari-hari ditambah terus melandainya kasus Covid-19 di Sultra, dalam kesempatan itu Gubernur Ali Mazi tetap mengingatkan untuk menerapkan protikol kesehatan.

“Kedepan ada projek strategis yang akan kita lakukan di Kota Baubau dan khususnya di Sultra kepulauan. Banyak program-program yang akan dilaksanakan di rentan tahun 2022-2023. Insya Allah pemerintah Provinsi akan memperhatikan perkembangan infrastrukur dan pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Sementara itu Plt. Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menyambut hangat kedatangan para tamu di Kota Baubau. Monianse juga berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi untuk menjadi tuan rumah penyelenggaranaan sejumlah event-event regional yang diakui sangat berdampak pada melajunya perputaran perekonomian daerah pasca lesu akibat pandemi.

“Alhamdulillah berdasarkan hasil pemantauan kami kegiatan ini berdampak positif buat pekembangan perekonomian di Kota kami. Ini benar-benar menjadi anugerah yang tidak ternilai baik buat Pemkot dan seluruh masyarakat Baubau,” terangnya.  

Peringatan HUT Sultra yang dipusatkan di alun-alun Kotarama dimeriahkan dengan pameran pembangunan, pariwisata dan Ekonomi kreatif dan napak tilas oputa yi Koo dengan tema sentaral sadar sejarah menuju generasi emas Sulawesi Tenggara.

Sebelum mengikuti Kande-kandea, Gubernur Sultra bersama rombongan melakukan ziarah di makam pahlawan nasional asal Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa yi Koo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar