BPCB Sulsel Remajakan Dinding Runtuh di Benteng Keraton Buton

Proses pengerjaan dinding benteng yang sempat runtuh.jpg

KBRN, Baubau : Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sulawesi Selatan cabang kota Baubau pekan ini  akan melaksanakan perbaikan cagar budaya  di sekitar kawasan Benteng Keraton Buton.

Ketua BPCB Sulawesi Selatan Cabang Baubau Rahmad Suparman menyebutkan, objek yang menjadi priorotas perbaikan tahun 2022 ini yakni dinding yang runtuh di samping Baluara Tanailandu dan dinding di depan makam sangia lakambau bagian luar benteng keraton buton.

“Insya allah  besok kita sudah mulai pembersihan...tim dari kantor BPCB Sulsel sdh balik juga ke Makassar kemarin pagi,”tutur Rahmad kepada RRI.Senin,(16/5/2022)

Selain dua titik di benteng keraton buton, BPCB Sulawesi Selatan cabang Baubau bersama bidang kebudayaan Dinas Pendidikan mengusulkan pembangunan gerbang di beberapa titik benteng keraton buton dan perbaikan bastion kalau disisi utara yang telah runtuh.

“Kalau gerbang kami juga sudah konsultasi dengan ibu wali kota bersama kepala Kabid Kebudayaankita berupaya secepat mungkin terlaksana,”tambahnya menjelaskan

Ia berharap agar pemerintah provinsi mengamini usulan tersebut agar situs sejarah di benteng keraton buton tetap exis dan terawat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar