Menuju Warisan Dunia, Status Benteng Wolio Perlu Segera di Perdakan

Benteng Wolio Buton (Foto:RRI)

KBRN, Baubau : Sebagai langkah percepatan pengusulan benteng Wolio Buton menjadi warisan budaya dunia UNESCO, anggota tim percepatan pembangunan Kota Baubau, Prof Khasan Efendi meminta Wali Kota Baubau AS Tamrin segera melegalkan status Benteng Wolio Buton sebagai warisan Nasional untuk dunia dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Wali Kota (Perwali).

Langkah ini sebagai tindak lanjut dari ditetapkannya benteng Wolio sebagai cagar budaya Nasional. Khasan Efendi yang juga guru besar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini mengatakan Perda atau Perwali akan menjadi jembatan legalitas untuk melangkah ke depan.

“Perspektif saya sebagai seorang akademisi, kukuhkan segera surat pernyataan bahwa benteng Wolio Buton adalah benteng warisan Indonesia untuk dunia. Ini adalah jembatan legalitas untuk melangkah ke depan,” jelasnya di Baubau beberapa waktu lalu.

Setelah terbitnya legalitas, lanjutnya dengan keterlibatan seluruh pihak yang disebutnya dengan Hexa Helix, mulai mengumpulkan segala persyaratan pengusulan benteng wolio baik itu berupa infrastruktur, isi, maupun replika di dalam kawasan benteng yang menggambarkan profile kawasan benteng dari abad ke 15 hingga saat ini.  

“Jika ini sudah menjadi Perda atau Perwali maka emplikasinya akan mendunia. Bahkan akan terjadi banyak pergeseran termasuk yang ada di dalam Keraton. Mungkin saja suatu saat Pemda menganggarkan, warga di dalam kita pindahkan secara manusiawi,” tambahnya.

Anggota tim percepatan bidang pendidikan ini mengatakan, ketika Benteng Wolio menjadi budaya dunia UNESCO maka akan terjadi penerbangan lintas negara, selain berimplikasi pada peningkatan PAD, persepsi dunia terhadap Buton adalah nilai-nilai luhurnya bisa diandalkan sepertihalnya Bali atau Jepang.

“Jika nanti terjadi destinasi internasional disini, maka laut akan menjadi bunyi, udara menjadi bunyi, makanan khas yang ada di Buton menjadi bunyi, infrastruktur menjadi bunyi, dan home industry akan bunyi. Itulah geliat yang akan terjadi di Buton,” pungkasnya.    

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00