Ini Arahan Kemendikbudristek Agar Benteng Wolio Diakui UNESCO

Penyerahan sertifikat Kemendikbudristek tentang penetapan Benteng Wolio sebagai kawasan cagar budaya peringkat Nasional(Foto RRI)

KBRN, Baubau: Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dan masyarakat harus menunjukkan nilai penting yang luar biasa atau Outstanding Universal Velue yang dimiliki Benteng Wolio bila ingin cagar budaya peninggalan leluhur masyarakat Buton itu diakui sebagai warisan dunia. 

Hal itu diungkapkan Direktur Perlindungan Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Irini Dewi Wanti dalam sambutannya disela-sela menyerahkan sertifikat Kemendikbudristek tentang penetapan Benteng Wolio sebagai kawasan cagar budaya peringkat Nasional kepada Pemkot Baubau. 

Penyerahan sertifikat itu bertempat di Baruga Benteng Wolio saat acara adat Pekandekandea dalam rangkaian Hari Jadi Baubau ke-480 dan HUT Kota Baubau ke-20 sebagai daerah otonom, Minggu 17 Oktober 2021.

"Jadi ketika kita bicara cagar budaya atau warisan budaya tak benda yang diusulkan ketingkat lebih tinggi yang diakui oleh UNESCO, maka kita harus sama-sama menunjukkan ada nilai penting yang luar biasa atau yang sering disebut Outstanding Universal Velue. Ini yang harus kita buktikan,"kata Irini Dewi Wanti

Namun yang mesti dipahami kata Irini, nilai penting luar biasa yang dimiliki suatu kawasan cagar budaya seperti Benteng Wolio, bukan hanya sekadar dari fisik cagar budayanya saja, melainkan ekosistem didalam cagar budaya itu harus pula dilindungi dan dilestarikan.

Karena arah kemajuan kebudayaan kata Irini, harus mencakup empat hal yaitu perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan. Empat hal itu harus dilakukan semua.

"Jadi ketika kita bicara tentang cagar budaya berupa Benteng Keraton, maka eksosistem didalamnya harus hidup. Diantaranya, aktivitas pelaku budaya dan komunitas harus tetap hidup dilingkungan benteng itu seperti upacara adat, perilaku, ataupun kegiatan-kegiatan yang secara turun-temurun dilaksanakan sebagai suatu nilai atau hal luar biasa sehingga itu perlu dipertahankan,"ujar Irini. 

Irini mengatakan, untuk melindungi dan melestarikan nilai-nilai kebudayaan tersebut harus diperlukan komitmen bersama bukan hanya pemerintah, melainkan juga masyarakat terutama yang terlibat lansung dalam semua kegiatan kebudayaan itu. 

Ia juga mengatakan, Kemendikbudristek akan mendukung dan siap mendampingi Pemkot Baubau agar harapan Benteng Wolio ditetapkan sebagai warisan dunia dapat segera terwujud. 

"Tapi sekali lagi komitmen ini harus kita bangun secara bersama-sama, mulai dari Pemerintah Pusat, pemerintah daerah dan tentunya semua yang terlibat lansung dalam kegiatan kebudayaan itu," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00