DPD RI Dorong Kembali Berjayanya Kerajaan dan Kesultanan Nusantara

KBRN, Baubau : Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI berkomitmen terus menyuarakan kepentingan daerah dan stakeholder termasuk komunitas adat yang diwakili oleh kerajaan dan kesultanan nusantara.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, Lanyalla Mahmud Mattalitti dalam kunjungan kerjanya di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) sekaligus menghadiri rapat kerja lembaga adat kesultanan Buton dengan tegas mengatakan, negara ini lahir berkat keluhuran hati para Raja dan Sultan di nusantara serta seluruh tokoh terdahulu yang rela mengorbankan materil maupun non materilnya untuk lahirnya bangsa Indonesia.

Olehnya itu lanjutnya, sudah sepatutnya kerajaan dan kesultanan yang tergabung dalam lembaga adat nusantara mendapat dukungan dari pemerintah agar tetap eksis dan berjaya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagai salah satu pemegang saham republik ini, agar manjadi tempat yang layak dalam proses perjalanan pembangunan bangsa, DPD RI berharap dapat membangun sinergi untuk mengembalikan kejayaan nusantara diera kerajaan dan kesultanan nusantara,” terang ketua KPSI ke-2 itu, Kamis (18/6/2021).

DPD RI tambah Lanyalla, bakal memastikan eksistensi seluruh lembaga adat kerajaan dan kesultanan di nusantara.

Hal itu dikuatkan dengan kunjungan kerja ke daerah-daerah eks kesultanan dan kerjaan di seluruh tanah air.

“Salah satunya akan mengundang seluruh raja dan sultan nusantara untuk bertemu dalam forum pertemuan raja dan sultan nusantara di Jakarta guna memberikan rekomendasi kepada Negara tentang arah perjalanan bangsa,” tambahnya.

Dalam kunjungan kerjanya di Wilayah Eks Kesultanan Buton, Lanyalla dianugerahi gelar kehormatan Mia Ogena yi Saragau.

Sementara itu Sekretaris Majelis Adat Kerajaan Nusantara, Raden Ayu Yani SS Kuswodidjoyo diberi gelar Waoti Momalambu yi Sara Adhati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00