Jutaan Batang Rokok dan Minuman Keras Ilegal Senilai Rp4 Milyar Dimusnahkan

KBRN, Kendari: Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Kota Kendari kembali memusnahkan jutaan batang rokok ilegal serta minuman keras ilegal hasil penindakan periode Desember 2020 hingga Juni 2021.

Pemusnahan barang ilegal tersebut dilaksanakan di dua tempat yakni di kawasan pertambangan Morosi, Konawe dan halaman belakang KPPBC Kendari, Kamis (21/10/2021).

Kepala KPPBC Kendari Purwatno Hadi Waluja menjelaskan,  rokok dan minuman keras ilegal ini didapatkan melalui beberapa operasi yakni Operasi Targetting, Operasi Gempur dan Patroli Darat.

Dijelaskan, produk ilegal tersebut banyak ditemukan di wilayah Kota Kendari dan wilayah pertambangan Morosi. Produk yang didapatkan tersebut diantaranya rokok serta minuman keras yang berasal dari Tiongkok.

“Semua tangkapan kita hasil Opsar dari barang yang beredar di lokal maupun pelanggaran dari Kepabeanan,” Tutur Purwatno Hadi Waluja.

Adapun jumlah total barang hasil penindakan yang dimusnahkan yakni 3.299.222 juta batang rokok, 229 botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) serta sejumlah barang eks impor. 

Total perkiraan nilai barang sebesar Rp4 Milyar dengan potensi kerugian Negara mencapai Rp1.6 Milyar

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar, dipecahkan dan ditimbun dengan tanah dengan tujuan untuk merusak barang ilegal tersebut sehingga tidak dapat digunakan kembali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00