Hakim PN Kendari Tolak Pra Peradilan Yusmin

Suasana di Pengadilan Negeri Kendari sempat memanas karena massa pendukung Yusmin menolak sidang Pra Peradilan dilaksanakan secara Online (Gafar)

KBRN,Kendari: Pengadilan Negeri (PN) Kendari menggelar Sidang pra peradilan mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Minerba dan Batu Bara Dinas ESDM Sulawesi Tenggara ( Sultra), Yusmin yang ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana korupsi PT Toshida Indonesia yang mengakibatkan kerugian negara.

Pada sidang Pra Peradilan tersebut, majelis Hakim melalui pembacaan putusan menolak seluruh pengajuan permohonan dari pemohon.

Ketua Tim Kuasa hukum Yusmin , Abdul Rahman mengaku, pasca menerima salinan putusan pihaknya akan kembali menelaah terkait pertimbangan hakim menolak permohonan dari pemohon.

“Kami akan menerima dulu salinan putusan karena tadi tidak terlalu kedengaran suara Hakim dalam membacakan hasil putusan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa ( 27/7/2021).

Tidak hanya itu, kuasa hukum pemohon mengungkapkan ada kejanggalan dari hasil putusan hakim tersebut dimana Belum ada audit kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) namun sudah ada penetapan tersangka.

“Kami tidak memahami putusan dari hakim itu yang mengatakan bahwa kerugian negara itu bisa dihitung oleh penyidik inilah yang kami anggap bertentang dengan Undang- Undanga,” terangnya.

Ia juga menambahkan pasca menerima salinan putusan hakim, pihaknya akan melakukan upaya hukum luar biasa di dalam rangka menguji putusan praperadilan dalam permohonan Peninjauan Kambali (PK).

Sebelumnya, Yusmin mengajukan Pra peradilan di PN Kendari, pasca ditetapkan sebaga salah satu dari empat tersangka dugaan korupsi PT Toshida Indonesia Oleh Kejati Sultra. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00