Kejari Baubau Beberkan Kinerja Periode Januari Hingga Juli 2021

KBRN, Baubau: Sebagai salah satu wujud keterbukaan informasi publik, Kejaksaan Negeri(Kejari) Baubau mengekspos capaian kinerjanya periode Januari hingga Juli 2021 bertepatan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke- 61 pada Kamis 22 Juli 2021.

Kepala Kejari Baubau, Jaya Putra yang memimpin lansung ekspos capaian kinerja itu menguraikan program kerja pada periode Januari hingga Juli 2021 untuk seksi intelejen yakni telah melaksanakan penyuluhan hukum, penerangan hukum, Jaksa Menyapa melalui siaran RRI masing-masing satu kegiatan dan dua kegiatan Jaksa masuk sekolah. 

"Jadi total lima kegiatan. Mungkin kegiatan ini terbilang sedikit, tapi itu karena kita sesuaikan dengan situasi pandemi covid-19 serta kondisi anggaran yang ada,"kata Jaya Putra. 

Lebih lanjut Jaya Putra mengatakan, sementara untuk kinerja seksi tindak pidana umum(pidum) hingga Juli terdapat 107 surat perintah dimulainya penyidikan(SPDP), penerimaan berkas tahap satu sebanyak 110, dan eksekusi 106 perkara. Adapun perkara paling dominan yakni pencurian sebanyak 28 perkara.

"Untuk perkara yang menarik perhatian yakni perkara kehutanan, narkotika dan pembunuhan,”terangnya.

Kemudian untuk seksi tindak pidana khusus(Pidsus) kata Jaya Putra, pihaknya sedang menyidik dua perkara dugaan tindak pidana korupsi (tipikor). Satu kasus merupakan lanjutan kerja tahun 2020 yakni dugaan korupsi pengelolaan uang retribusi pasar Wameo dan satu kasus dugaan korupsi pembangunan pasar Palabusa. 

Lebih lanjut kata dia, sedangkan kinerja seksi perdata dan tata usaha negara(Datun), terdapat lima Memory of Understanding (MoU), 14 surat kuasa khusus(SKK), dan penyelamatan uang negara sebesar Rp14.829.467,- yang berasal dari penarikan tunggakan BPJS ketenagakerjaan, kesehatan, dan lainnya.

“MoU kita lakukan dengan instansi pemerintah, BUMN, BUMD. Kalau diluar instansi pemerintah, yang sahamnya dibawah 51 persen, tidak bisa dilakukan Mou,”terang Jaya Putra.

Selanjutnya kata dia untuk 14 SKK yang diterima meliputi bantuan hukum, penagihan, pelayanan hukum, sidang, termasuk gugatan. Adapun pegawai Kejari Baubau hingga saat ini berjumlah 31 orang terdiri dari 10 Jaksa, 21 staf tata usaha dibantu staf honorer. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00