Kejati Sultra Tetapkan Empat Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Pertambangan PT Toshida Indonesia

KBRN, Kendari: Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan empat orang tersangka kasus korupsi pertambangan PT Toshida Indonesia yang beroperasi di Kabupaten Kolaka.

"Empat orang tersangka ini masing-masing berinisial LSO, UMR, BHR, dan YSM," ungkap Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sultra, Setyawan Nur Chalik, Kamis (17/06/2021).

LSO dan UMR merupakan orang dalam PT Toshida Indonesia. LSO sebagai Direktur Utama, sedangkan UMR merupakan General Manager atau Manajer Umum PT Toshida Indonesia. 

"BHR adalah mantan Plt. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sultra, sedangkan YSM adalah mantan Kepala Bidang Mineral dan Batubara di Dinas ESDM Sultra," papar Setyawan. 

Dari empat tersangka yang telah ditetapkan menjadi tersangka oleh penyidik Kejati, hanya UMR dan BHR yang memenuhi panggilan penyidik kejaksaan. Sementara LSO dan YSM belum memenuhi panggilan. 

Sebelumnya, penyidik Kejati Sultra telah memeriksa 33 orang sebagai saksi dalam kasus ini dan empat orang sebagai ahli.

"Terhadap UMR dan BHR langsung kami lakukan penahanan pasca ditetapkan sebagai tersangka di Rutan Punggolaka Kendari," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00