Lapas Baubau Usul  354 Napi Dapat Remisi Idul Fitri 1442 H

Pintu Masuk Lapas Baubau,(Dok.RRI)jpg
Kalapas Baubau La Samsuddin ,(Dok.RRI).jpg

KBRN, Baubau : Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Baubau mengusulkan 354 Narapidana (Napi) Muslim mendapatkan remisi khusus hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.Selasa (11/5/2021).

Kepala Lapas Kelas II A Baubau la Samsuddin menyebutkan, Besaran remisi lebaran yang akan didapatkan Napi tahun ini  bervariasi, mulai dari 15 hari, astu bulan, satu bulan 15 jari  hingga tertinggi  remisi 2 bulan. Dari seluruh napi yang diusulkan tak satupun mendapatkan remisi bebas ditahun 2021.

“Lebaran kali ini kami usulkan 345 Napi dari total keseluruhan  445 warga binaan di dalam Lapas Baubau, karena merekalah yang memenuhi syarat,”kata Samsuddin.

Samsuddin menambahkan, Remisi  hanya diberikan bagi napi yang memenuhi syarat, diantarnya berstatus Narapidana, telah menjalani minimal 6 bulan masa tahanan, berkelakuan baik serta aktiv dalam  aktivitas pembinaan.

Seluruh napi yang mendapat potongan masa tahanan didominasi kasus tindak pidana umum. Sedangkan tindak pidana korupsi dan narkoba yang telah menjalani hukuman diatas lima tahun tidak satupun diusulakan mendapatkan remisi, Karena tidak memenuhi syarat salah satunya tidak membayar denda.

“Mudah-mudahan hari ini selasa (11/5) keluar hasilnya dari Provinsi berapa yang disetujui mendapat remisi,”tambahnya.

Sementara itu jumlah keseluruhan warga binaan di lapas baubau 536 orang, 445 berada di dalam lapas , sedang sisanya masih berstatus tahanan polres dan polsek.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00