Disperindag Baubau Tunda Keluarkan Rekomendasi Izin Pergudangan

KBRN, Baubau: Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) Kota Baubau Sulawesi Tenggara(Sultra) untuk sementara tidak lagi mengeluarkan rekomendasi izin perpanjangan pergudangan ditengah kota. 

Kepala Disperindag Baubau, La Ode Ali Hasan mengatakan hal itu lantaran peruntukkan pembangunan pergudangan kini dialihkan ke wilayah utara Baubau yaitu Kecamatan Bungi dan Lea-Lea.

Hal itu kata dia, merujuk draf perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah(RTRW) Kota Baubau yang sedang digodok Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang(PUPR). 

"Jadi kalau ada perusahaan yang usulkan izin terkait dengan gudang-gudang ini maka kita pertimbangkan lagi karena RTRW itu, "kata Ali Hasan dalam keterangannya, Rabu(24/2/2021). 

Ia mengaku sejauh ini sudah ada beberapa perusahaan yang mengajukan usul perpanjangan gudang dalam kota. Namun dirinya tak mau mengambil resiko jika memperpanjang izin tanpa mengacu pada rancangan RTRW. 

Untuk itu, pihaknya saat ini sedang menunggu petunjuk teknis dari Dinas PUPR terkait hal itu. 

"Sementara kalau untuk izin gudang baru kita sudah mengacu perubahan RTRW diarahkan ke Bungi. Karena dalam kota ini sudah semakin padat, "ujarnya.

Dikatakannya, saat ini gudang-gudang yang berada ditengah kota diperuntukkan antara lain tempat penyimpanan sembako, hasil pertanian dan perikanan, souvenir serta minuman keras. 

Terlepas dari itu, Disperindag Baubau kata Ali Hasan, juga akan mengusulkan ke Kementerian Perdagangan supaya ada sistem resi gudang. Dengan begitu akan didirikan gudang dalam satu kawasan yang akan disewakan. 

"Jadi untuk penyimpanan hasil-hasil pertanian dan perikanan itu sudah kita tetapkan satu tempat yang rencananya di Lakologou, "pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00