Realisasi TKDD di Wilayah Kerja KPPN Kendari Hingga Semester I Capai Rp675 Miliar

KBRN, Kendari : Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari, Sulawesi tenggara (Sultra) menyatakan realisasi Transfer Ke Daerah Dan Dana Desa (TKDD) hingga semester I tahun 2022 di wilayah kerja KPPN Kendari telah mencapai Rp675 miliar lebih  atau 33,94 persen dari total pagu.

“penyaluran TKDD yakni Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada 3.026 sekolah, 957 PAUD dan 308.106 peserta didik di tujuh daerah wilayah kerja kami,” ungkap Kepala KPPN Kendari Teguh Ratno Sukarno di Kendari, Senin (4/7/2022).

Dikatakan sedangkan untuk penyaluran dana desa baik bantuan langsung tunai (BLT) triwulan I dan triwulan II maupun reguler telah mencapai Rp314 miliar lebih  atau 43,20 persen.

“jadi untuk penyaluran dana desa diwilayah kerja KPPN Kendari sudah 100 persen tersalurkan untuk semester I ini, namun masih terdapat di dua kabupaten yakni Konawe selatan dan Konawe kepulauan BLT tahap II belum tersalurkan karena masih menunggu laporan penyaluran tahap I,” jelasnya.

Menurut Teguh sementara untuk realisasi dana alokasi khusus (DAK) fisik tahap I baik reguler maupun penugasan tercatat mencapai Rp99,267 miliar lebih atau 12,30 persen dari pagu anggaran.

“jadi masih ada tiga kabupaten yang belum mengajukan pencairan Dak fisiknya yakni Konawe selatan, Konawe utara dan Konawe Kepulauan di karenakan batas terakhir pengajuan atau penyampaian dokumen DAK Fisik di KPPN adalah tanggal 21 Juli 2022 jadi masih ada setengah bulan untuk mengajukan laporannya,”ujarnya.

Lebih lanjut Teguh Ratno Sukarno mengungkapkan pihaknya akan terus mendorong tiga pemkab tersebut untuk segera menyampaikan pengajuan dokumen DAK Fisiknya guna menghidari batas waktu dalam pengajuan penyampaian DAK Fisik maka Dana Fisiknya akan hangus.

“Jadi kami terus mendorong tiga kabupaten yang belum menyampaikan dokumen fisiknya sebelum jatuh tempo,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar