Menuju Smart City Pemkot Baubau Launching Elektronifikasi Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah

sosialisasi Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah melalui QRIS di Gedung Islamic Center,(Dok.RRI)
Pemkot Baubau Launching Elektronifikasi Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah,(Dok.RRI)
Pemkot Baubau Launching Elektronifikasi Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah,(Dok.RRI)

KBRN, Baubau : Salah Satu Visi Pemerintah kota Baubau adalah menjadikan Kota pemilik Benteng Terluas di Dunia ini Maju, Sejahtera dan Berbudaya.

 Komitmen Maju kali ini kembali diwujudkan dengan menghadirkan metode pembayaran pajak dan retribusi berbasis digital melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) atau  standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Ratusan Pedagang dari beberapa pasar di Kota Baubau mendapat undangan khusus Pemerintah  Kota Baubau untuk mengikuti sosialisasi Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah melalui QRIS di Gedung Islamic Center.Rabu,(29.6.2022).

Usai sosialisasi Wali Kota Baubau La Ode Ahman Monianse  melauching elektronifikasi pembayaran pajak dan retribusi  daerah di Pasar Wameo bersama perwakilan Bank Indonesia Cabang Sulawesi Tenggara.

Wali Kota Baubau menyebutkan, guna meningkatkan PAD dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, beberapa retribusi di kota Baubau telah terelektronifikasi. Selain QRIS alat transaksi pembayaran lainnya  juga bisa melalui debit , emoney dan OVO dan lainnya.

“Untuk Hari ini QRIS sebagai teknologi pembayaran digital yang menggunakan QR code yang aman, cepat dan mudah, cukup dengan melakukan scan QR, setelah angka tagihan terlihat, lanjutkan dengan mengisi PIN atau pasword sebagai tahap akhir retribusi,”jelas Wali Kota.

Ketua KAHMI Baubau itu berharap aktifitas jual beli di  Pasar Wameo  kedepan berbasis digital dalam rangka menambah platform online dan kesejahteraaan seluruh lapisan masyarakat.

Menurutnya, pembayaran berbasis digital akan  memberikan tiga solusi permasalahan sekaligus pertama mengatasi masalah persaingan dengan pasar modern, kedua solusi terhadap pandemic covid 19 yang dikaitkan dengan pembatasan interaksi fisik,  dan terakhir adaptasi UMKM terhadap perkembangan teknologi yang telah menjadi bagian dari gaya hidup baru masyarakat.

 “Mari bersama-sama mempelajari hal baru meningkatkan taraf ekonomi kita. QRIS ini sudah terverifikasi dan teruji  keamanannya, jadi tidak usah ragu,”tutur Monianse.

 Monianse mengajak para pedagang mulai berintegrasi menggunakan metode transaksi digital pasalnya konsumen dimasa mendatang akan condong pada pembayaran berbasis online.

“Alhamdulillah Kota Baubau saat ini bersaing dengan Kota Kendari dalam hal pembayaran berbasis digital,”tambahnya.

Sementara Manager IKSPP Bank Indonesia Cabang Sultra Taufik menyebutkan, penggunaan transaksi digital akan meningkatkan efisiensi perekonomian  serta pendapatan asli daerah dan tak kalah penting meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Empat manfaat alasan menggunakan QRIS adalah wujud kecintaan dan kebanggaan bapak/ibu sebagai warga negara Indonesia, sebagai kontribusi kita memajukan bangsa Indonesia karena bisa menghilangkan penyelewengan, Qris mendorong kita untuk mengikuti perkembangan zaman, dan keempat Qris membuat kita sehat karena uang tunai bisa menjadi sarana penularan berbagai penyakit,”jelas Taufik.

Ia menjelaskan, cara bertransaksi dan mendapatkan QRIS dapat berurusan dengan Bank BNI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar