Pemda Buton Tengah Dorong UMKM Terapkan Aplikasi E-Marketplace

KBRN, Buton Tengah: Pemerintah Kabupaten Buton Tengah menggelar sosialisasi dan pelatihan penerapan aplikasi E-Marketplace bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal, yang digelar di Gedung Kesenian Lakudo, Selasa (28/06/2022

Kegiatan sosialisasi penerapan E-Marketplace ini merupakan kerjasama Dinas Koperasi dan UKM dengan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Buton Tengah. Tema dari kegiatan ini adalah "Membangun Sinergitas dalam Peningkatan Kapasitas UMKM Lokal di Kab.Buton Tengah.

Pj. Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup menjelaskan, penggunaan aplikasi ini merupakan langkah awal, dimana pengadaan barang dan jasa yang sebelumnya bertransaksi secara manual beralih ke teknologi informasi melalui platform digital 

"Tak dapat dipungkiri, UMKM yang mampu bertahan adalah mereka yang mampu beradaptasi dalam dunia digital dengan memanfaatkan platform Marketplace", ujarnya. 

Dijelaskan, pemerintah mempunyai tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mendorong peran usaha kecil dan koperasi dengan mencatumkan barang/jasa dengan label katalog elektronik, salah satunya penerapan E-Marketplace.

Sejalan dengan arahan yang tertuang dalam surat edaran bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) RI nomor 1 Tahun 2020 yang ditujukan kepada seluruh kepala daerah yaitu meningkatkan jumlah transaksi belanja barang/jasa kepada UMKM lokal, kata Muhammad Yusup. 

"Saya berharap dengan adanya kegiatan Sosialisasi ini penerapan E-Marketplace dapat meningkatkan Kapasitas UMKM lokal, apalagi kegiatan pertama kali diadakan untuk level kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara", Pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar