Ekonomi Sultra Triwulan Pertama 2022 Tumbuh 5,07 Persen

KBRN, Kendari: Ekonomi Sulawesi Tenggara pada Triwulan I Tahun 2022 Terhadap Triwulan I Tahun 2021 mengalami Pertumbuhan Sebesar 5,07 persen, dimana pertumbuhan ekonomi signifikan terjadi pada sektor lapangan usaha jasa lainnya sebesar 9,53 persen.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menyebut, jika melihat pertumbuhan ekonomi pada triwulan I tahun 2022 terhadap triwulan sebelumnya Sulawesi Tenggara mengalami kontraksi sebesar 8,23 persen, yang mana lapangan usaha konstruksi mengalami kontraksi terdalam sebesar 24,23 persen.

Kementerian Dalam Negeri RI Melalui Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah, tepatnya tanggal 20 Juni 2022, telah melaksanakan Rapat Monitoring Dan Evaluasi Percepatan Penyerapan APBD Tahun Anggaran 2022.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan secara nasional itu menunjukan bahwa Sulawesi Tenggara berada di urutan ke-23 dengan persentase 30,28 persen untuk Kategori Realisasi Pendapatan APBD Provinsi se-Indonesia dan untuk realisasi belanja berada di urutan 18 dengan presentasi sebesar 21,89 persen.

“Dalam kategori tersebut Sulawesi Tenggara masih berada di garis merah. Karena itu saya berharap kepada seluruh kepala OPD dapat berperan aktif dalam melakukan evaluasi dan pengendalian dalam penyerapan anggaran sebagai mana tertuang dalam APBD masing-masing,” harap Gubernur Ali Mazi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar