Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kendari Tegaskan Daftar NIB Gratis

KBRN , Kendari : Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kendari mudahkan pelayanan perizinan bagi masyarakat , dengan menyediakan akses pelayanan melalui chat aplikasi WhatsApp, Tanya PTSP bit.ly/ptspkendari.

Melalui Tanya PTSP ini, warga bisa mengajukan beragam pertanyaan seputar pelayanan perizinan, mulai dari izin usaha hingga persetujuan bangunan gedung (PBG).

Kepala DPMPTSP Kota Kendari, Maman Firman Syah mengatakan pelayanan via WhatsApp ini menjadi program layanan terbaru ,dengan tujuan memudahkan warga berkomunikasi menanyakan hal-hal yang dianggap belum dipahami selama proses pembuatan perizinan.

"Jika masih bingung bisa bertanya ke Tanya PTSP," Ujar Maman

Untuk jam operasional pelayanan Tanya PTSP, Maman menyebut sebagaimana jam pelayanan di kantor yang berada di Jalan Malaka, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) , dengan jam pelayanan yakni Senin - Jumat, pukul 07.30 - 16.00 Wita.

Selain itu, pihaknya membuka pelayanan tersebut pada akhir pekan, yakni hari Sabtu mulai pukul 09.00 - 12.00 Wita.

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan pelayanan perizinan ini, warga hanya perlu membawa KTP, email dan nomor WhatsApp.

Menurutnya, pelayanan juga dilakukan secara mobile dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan mobil Dilan (Digital Melayani).

Maman mengatakan mobil Dilan ini sering mangkal di Tugu Religi MTQ, kemudian keliling ke setiap kelurahan dan kecamatan di Kota Kendari.

"Untuk weekend, service juga ada melalui mobil Dilan di Tuga Religi MTQ dari pukul 09.00 sampai 12.00 Wita," jelasnya.

Kata dia, dengan mobil Dilan ini, pihaknya bisa menjangkau warga Kota Kendari yang jauh dari pusat kota atau berada di pelosok.

Ia mengatakan beragam pelayanan yang dilakukan secara mobile ini biasanya akan beroperasi hingga ke pelosok usai berkoordinasi dengan kelurahan dan kecamatan setempat.

Karena sebelum turun ke lokasi, biasanya pihaknya akan mengatur jadwal dengan pihak kelurahan dan kecamatan untuk disebar ke warga setempat.

Maman Firman Syah menegaskan semua pelayanan yang dilakukan di DPMPTSP Kota Kendari sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.

"Semua pelayanan PTSP itu gratis, kecuali persetujuan bangunan gedung (PBG) karena ada biaya pengukuran," jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin berusaha untuk menghindari calo saat melakukan pendaftaran.

"Jangan melalui calo langsung saja datang ke Kantor DPMPTSP atau bisa langsung akses ke website OSS atau Sicantik," tutupnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar