Sebanyak 3.373 Pelaku Usaha di Kendari, Telah Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB)

KBRN , Kendari : Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTS Kendari mencatat ada 3.373 pelaku usaha di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara pada triwulan pertama 2022 yang telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Kepala DPMPTSP Kota Kendari Maman Firman Syah mengatakan, dengan memiliki NIB, pelaku usaha akan lebih mudah mengembangkan usaha karena telah memiliki legalitas , dan juga kemudahan untuk mendapatkan beragam jenis bantuan dari pemerintah pusat maupun BUMN. 

"Karena program pemerintah dari sisi UMKM sangat banyak mulai dari perbankan pemerintah daerah, rata-rata memang yang disisir itu untuk pengembangan UMKM. Yaa salah satu syarat utama dalam menerima bantuan itu NIB," ujar Maman Firmansyah.

Dia mengatakan, 3.373 pelaku usaha yang telah memiliki NIB tersebut mayoritas didominasi oleh Usaha Mikro Kecil (UMK).

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018, NIB adalah identitas Pelaku Usaha yang diterbitkan oleh Lembaga Online Single Submission (OSS) setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran.

Maman menyebut prosedur untuk mendapatkan NIB sangat mudah, para pelaku usaha hanya memerlukan KTP, email dan nomor Whatsapp. 

Pendaftaran ini juga bisa diurus sendiri oleh para pelaku usaha atau investor. Di mana setiap pelaku usaha wajib mengikuti beberapa tahapan prosedur pembuatan NIB.

Yakni pelaku usaha dapat melakukan pendaftaran dengan cara mengakses laman OSS, yaitu www.oss.go.id. dan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk perseorangan, nomor pengesahan akta pendirian dan dasar hukum pembentukan perusahaan untuk non perseorangan.

Setelah mendapatkan akses OSS, pelaku usaha melakukan pendaftaran dengan mengisi data berupa nama, NIK, alamat, jenis penanaman modal dan negara asal (untuk mon perseorangan), bidang usaha, lokasi penanaman modal.

Besaran rencana penanaman modal, rencana permintaan fasilitas fiskal dan/atau fasilitas lainnya, nomor kontak, serta NPWP. 

Apabila pelaku usaha belum memiliki NPWP, OSS juga dapat memproses pemberian NPWP.

Kemudian, OSS akan menerbitkan NIB setelah semua tahapan pembuatan dilengkapi oleh pelaku usaha. 

Maman menyampaikan, apabila para pelaku usaha ini mengalami kesusahan dalam pengurusan NIB, mereka diimbau datang ke kantor DPMPTSP untuk mendapatkan layanan pembuatan NIB. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar