Hingga Mei 2022 Realisasi Belanja APBD Sultra Capai Rp4.054 Miliar

KBRN, Kendari : Kantor wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi tenggara (Sultra) mencatat realisasi belanja Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sultra hingga 31 Mei 2022 mencapai Rp4.054 miliar lebih.

“realisasi APBD Sultra masih di dominasi oleh komponen belanja pegawai yakni sebesar Rp2,527 miliar lebih dari total belanja,” tutur Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran (PPA) Kanwil DJPb Sultra Eko Wahyu Budiutomo, di Aula Kanwil Ditjen DJPb Sultra, Selasa (28/6/2022).

Menurut sedangkan  jumlah dana Transfer Ke Daerah Dan Dana Desa (TKDD) yang telah di salurkan pemerintah pusat sampai dengan Mei 2022 kepada Rekening Tempat Penyimpanan Uang Daerah (RKUD) Pemerintah Daerah di regional Sultra tercatat sebesar Rp6,017 miliar lebih.

“namun yang masih mengendap di RKUD sebesar Rp2,564 miliar atau 43 persen dari total transfer,” ungkapnya.

Lebih lanjut Eko Wahyu Budiutomo Kanwil DJPb bersama KPPN terus mendorong pemerintah daerah untuk segera memenuhi dokumen persyaratan penyaluran dan mempercepat penyaluran bantuan sosial, realisasi belanja barang dan modal melalui percepatan lelang barang dan jasa sebagai faktor yang dapat mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

“jadi kami bersama KPPN secara aktif terus mendorong satker agar segera melaksanakan akselerasi belanja pada periode berikutnya khususnya untuk belanja baran dan belanja modal,” ujar Eko Wahyu Budiutomo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar