Meriahkan HUT Sultra, BI Buka Galery UMKM

Pelaku UMKM di Stand BI Sultra (Foto:RRI)

KBRN, Baubau : Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara ikut megambil bagian dalam ekspose pembangunan dan pamaeran UMKM di Kota Baubau dengan membuka gallery produk tenun.

Sejumlah produk yang dipamerkan antara lain aneka sarung tenun Buton hasil produksi penenun kelurahan Sulaa, tenun Kabupaten Buton Tengah, kampurui, hingga berbagai produk jamu hasil olahan madu hutan.

Konsultan Pengembangan UMKM Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, Asman menyebutkan sebagai stakeholder perkembangan ekonomi Bank Indonesia secara aktif mendorong produk UMKM yang merupakan binaan pemerintah daerah untuk terus tumbuh dan berdaya saing.

“Produk yang diminati masyarakat cenderung merata untuk semua kain dan sarung. Ada juga beberapa jenis kain yang harganya cukup mahal karena menggunakan pewarna alam. Namun produk ini sudah memiliki segmen pasar tersendiri,” jelas Asman, Jumat (27/5/2022).

Selain tenun, BI juga ikut memerkan produk olahan jahe instan yang merupakan produk-produk UMKM pondok pesantren. Ada pula hasil olahan madu hutan yang dicampur sehingga menjadi madu jamu.

“Kali ini kita juga menampilkan priduk kain tenun dari Buton Tengah. BI juga mendorong bagaiman kemandirian ekonomi di pesantren. Karena kita ketahui bahwa pesanteren memiliki potensi ekonomi yang cukup besar sehingga perlu di dorong setidaknya menuju kemandirian ekonomi,” pungkasnya.

Asman menyebutkan produk-produk yang ditampilkan di gallery BI merupakan hasil kerajinan para pelaku UMKM. Dalam pameran ini, BI hanya memfasilitasi tempat dan mengajak para pelaku UMKM untuk melakukan pameran secara langsung, menjual hasil prioduk dan bertemu langsung dengan pembeli.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar