Hingga April 2022 Penyaluran TKDD di Sultra Baru Mencapai Rp5,08 Triliun

KBRN,Kendari : Kantor wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi tenggara (Sultra) mencatat penyaluran Transfer Ke daerah Dan Dana Desa (TKDD) hingga April 2022 mencapai Rp5,08 triliun.

Plt Kepala kantor wilayah Ditjen Perbendaharaan Sultra Syaiful mengatakan belanja TKDD tumbuh positif di topang dana transfer ke daerah yaitu realiasasi DAU yang lebih tinggi akibat kepatuhan daerah dalam pemenuhan dokumen.

“jadi realisasi TKKD di Sultra tumbuh positif yang di dorong dengan kepatuhan daerah dalam pemenuhan dokumen,” ungkap Syaiful, Jumat (27/5/2022).

Menurut Syaiful sedangkan untuk penyaluran dana desa di Sultra sendiri masih rendah di karenakan belum semua daerah mengajukan permohonan salur dan revisi APBDes sesuai PMK 190 tahun 2021.

“jadi DJPb bersama KPPN terus mendorong pemda untuk mempercepat penyaluran dana desa dan BLT Dana desa dalam rangka memperkuat perlindungan sosial,” ungkapnya.

Lebih lanjut Syaiful mengungkapkan sementara berkaitan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik nilai realisasi tahun 2022 masih rendah di karenakan sampai sekarang sebagaian besar pemda masih melaksanakan proses pelelangan kegiatan tahun anggaran 2022 dan melengkapi laporan capaian output TAYL sebagai syarat.

“kinerja penyaluran DAK Non Fisik di topang oleh perbaikan mekanisme penyaluran dana BOS dan BOP PAUD serta kesetaraan langsung kerekening sekolah dan PKBM serta terus melakukan perbaikan kinerja penyelesaian retur SP2D oleh KPPN,” lanjutnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar