Pameran HUT Sultra, Dekranasda Baubau Bakal Tampilkan Kain Tenun Pewarna Alam

KBRN, Baubau: Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau akan menampilkan produk hasil kerajinan Industri Kecil Menengah (IKM) dan UMKM dalam pameran HUT Sultra ke-58 yang dipusatkan di Alun-Alun Kota Mara selama sepekan mulai 22 - 28 Mei 2022.

Ketua Dekranasda Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse menuturkan, produk yang tampilkan dalam pameran tersebut berupa kain tenun hasil kerajinan penenun se-Kota Baubau. 

Nursanti juga mengatakan, kain tenun yang akan ditampilkan beragam corak dan ada yang dibuat dari bahan pewarna alam. 

"Untuk tenunan yang kita siapkan itu, kita tidak batasi jumlahnya, karena tamu yang akan hadir nanti banyak. Jadi kain tenun yang kita tampilkan ada yang pewarna alam dan ada yang memakai benang merses atau biasa,"ungkap Wa Ode Nursanti Monianse kepada rri.co.id ditulis Jum'at(20/5/2022). 

Dikatakan Nursanti, harga kain tenun yang ditampilkan tersebut bervariasi mulai dari Rp300 sampai Rp1 juta lebih. Dimana, harganya tergantung tingkat kesulitan pembuatan dan bahan yang digunakan. 

"Kalau pewarna alam harganya dikisaran Rp1 juta lebih dan kalau tenun yang benang biasa, berkisar Rp300-an tergantung dari tingkat kesulitan pembuatanya. Misalnya, yang menggunakan corak pengembangan, tentu harganya beda dengan masih yang original,"ujarnya.

Nursanti berharap, melalui kegiatan Pameran HUT Sultra ini dapat lebih memperkenalkan sekaligus meningkatkan pemasaran hasil kerajinan para pelaku IKM dan UMKM di Baubau. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar