BPS Baubau Ingatkan Pentingnya Pemanfaatan Data Statistik

Foto Bersama Instansi Vertikal, BUMN, dan Perusahaan di Kota Baubau (Foto:RRI)

KRBN, Baubau : Dalam momentum peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) ke 26 tahun 2021, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau, Sudirman K mengharapkan seluruh instansi pemerintah, stakeholder dan masyarakat luas dapat memanfaatkan data BPS dalam mendukung pambangunan daerah.

Menurut Sudirman, data statistik yang disediakan oleh BPS sangat penting karena data tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepantingan, mulai dari perencanaan, evaluasi dan sebagai monitoring, termasuk berkaitan erat dengan pengambilan kebijakan.

“Yang perlu diketahu setap tanggal 26 September itu bukan merupakan Hari Jadi BPS tapi Statistik, karena semua akan menggunakan data statistik baik di instasi apapun, kehidupan apapun pasti menggunakan data statistik. Inilah makna dari HSN tahun ini, mari mencerdaskan diri dengan data,” jelasnya di Baubau, Senin (27/9/2021).

Kata Sudirman, saat ini BPS tengah diperhadapkan dengan berbagai tantangan besar, optimalisasi big data hingga tiple distruksi. Massifnya perkembangan teknoligi informasi menuntut BPS harus berusaha menyesuaikan pola kerja, data-data yang dihadirkan BPS dituntut lebih cepat dan akurat.

Jika selama ini metodenya wawancara face to face, kini berubah, pengisian kuisioner maupun survey banyak dilakukan secara digital. Selain itu menyikapi era milenial, BPS juga berupaya menyesuaikan diri dengan kebiasaan generasi kekinian, termasuk secara rutin meninjau harga di pasar-pasar modern.

“Ada pepatah mengatakan data itu mencerdaskan bangsa, orang yang menguasai data itu pasti cerdas karena menguasai datanya. Dan ada juga yang mengatakan data itu sulit dan mahal, tapi ada yang lebih sulit jika membangun tanpa data,” pungkasnya.

Serangkaian HSN tahun ini, BPS Baubau menggelar berbagai kegiatan diantaranya pemeriksaan kesehatan bagi seluruh pegawai BPS Baubau, Ngobrol Santai sekaligus penyerahan penghargaan terhadap sejumlah instansi vertikal, BUMN, perusahaan dan insan pers (RRI Baubau) yang terlibat aktif mendukung kinerja BPS.

“Selain itu pada 28 September 2021, kita lakukan pencanangan Desa Cantik yang merupakan singkatan dari Desa Cinta Statistik,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00