Pemkab Busel Bangun Lumbung Pangan di Enam Kecamatan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Buton Selatan Mukmin ,(Foto:Facebook).jpg

KBRN, Baubau : Dinas Ketahanan Pangan Kabupten Buton Selatan (Busel) bakal membangun lumbung pangan di enam Kecamatan kecuali Ibu Kota Kabupeten di Batauga.Senin,(21/6/2021).

Setiap lumbung pangan akan dikelola tiga kelompok tani, dimana masing-masing kelompok beranggotakan 30 orang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Buton Selatan Mukmin menyebutkan, pembangunan lumbung pangan tersebut sedang digarap dengan kapasitas  30 hingga 60 ton, sedang tinggi bangunan mencapai  enam meter dan luasnya 7×9 meter.

“Pokoknya sudah action Plan, kami sudah mulai bereskan syarat-syaratnya sesuai dengan Juknis, Insha Allah lumbung pangan ini sangat bermanfaat untuk para petani sebagai wadah menyimpan hasil pertanian,”tutur Mukmin.

Peruntukan lumbung pangan tersebut lanjut Mukmin sebagai tempat menyimpan hasil pertanian dan perkebunan para petani, selain itu sebagai tempat cadangan pangan warga.

Mukmin menambahkan, sumber anggaran  pembangunan enam  lumbung pangan berasal dari dana alokasi khusus APBN sebesar Rp 1,9 Milyar.

“Setiap bangunan bakal dilengkapi dengan mesin, apakah nanti mesin  penggiling beras atau mesin penggiling jagung  jagung juga mesin parut ubi, sebab salah satu tanaman lokal masyarakat Buton Selatan paling menonjol adalah Ubi Kayu,”Tambahnya.

Mantan Kepala Dinas Perpustakaan Buton Selatan ini menyebutkan selama ini lumbung pangan masyarakat masih berbasis kearifan lokal, seluruh hasil pertanian disimpan di Loteng Rumah.

Sementara itu sebaran pembangunan lumbung pangan masing-masing di Kecamatan Sampolawa, Batuatas, Lapandewa, Siompu, Siompu Barat dan Kecamatan Kadatua.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00