Dinas Ketahanan Pangan Busel Kembangkan Program P2L Atasi Kesenjangan Pangan Keluarga

Kelompok Tani Penerima Program P2l di Buton Selatan,(Foto:Ist).jpg
Kelompok Tani Penerima Program P2l di Buton Selatan,(Foto:Ist).jpg

KBRN, Baubau : Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton Selatan (Busel) Kembangkan Pekarangan Pangan Lestari/P2L di lima titik tersebar di 4 (empat) Kecamatan.Minggu,(13/6/2021)

Setiap titik dikelola oleh kelompok tani wanita (KWT) berjumlah 30 orang, menanam aneka tanaman utamanya sayuran  dengan memanfaatkan pekarangan rumah hingga lahan tidur di lingkungan Masyarakat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Busel  Mukmin mengatakan, Program P2L adalah solusi menjaga ketahanan pangan keluarga dimasa pandemic. Selain tanaman  dapat dikonsumsi sendiri, penjualan  sayuran tersebut juga dapat  menambah  pendapatan keluarga.

“Tahun ini Busel dapat 5 titik dua desa di Kecamatan Kadatua, dan masing-masing satu desa di Kecamatan Batauga, Sampolawa dan Kecamatan Lapandewa,”kata Mukmin.

Setiap kelompok bakal mendapat bantuan Rp 60 juta secara bertahap mulai dari penumbuhan hingga penyuburan.

“Mereka (KWT) sudah tahap ketiga mencairkan dananya, mereka sudah membuat pembibitan dan tanamannya sudah dipindahkan ditanah,”tambahnya.

Saat ini kata Mukmin, para kelompok tani tengah mencairkan dana tahap penumbuhan, dan akhir tahun nanti menyusul pencairan dana penyuburan seluruhnya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN.

Lanjut Mukmin, tahun 2022 melalui dana APBD dirinya bakal menambah lokus P2L utamanya di desa sasaran pemberantasan stunting.

Mukim meyakini, prograk P2L di lima titik dapat mensejahterakan masyarakat sekitar serta  bakal menjadi objek daya Tarik   wisata baru berbasis  Agrowisata.

Adapun titik program P2L tahun 2021 menyasar 4 (Empat) kecamatan,  masing-masing Kecamatan Kadatua Desa Kaofe dan Marawali.

Selanjutnya Kecamatan Lapandewa Desa Burangasi Rumbia, Kecamatan Sampolawa di  Desa Katilombu dan Kecamatan Batauga di Desa Majapahit.

“Kami harapkan petani lainnya khusunya para ibu-ibu  dapat mencontohi program ini untuk menambah income perkapita rumah tangga,”harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00