TPID Sultra Siap Gelar Operasi Pasar Jika Harga Bapok Melambung

KBRN,Kendari: Jelang lebaran idul fitri 1442 hijriyah, pemerintah daerah bersama perbankan yang tergabung dalam tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melakukan inspeksi mendadak disejumlah pasar tradisional untuk memastikan normalisasi harga Bahan pokok (Bapok) di sejumlah pasar tradisional.

“Kemarin sebelum masuk ramadan kan ada sidak pasar, dan nanti seminggu sebelum lebaran kami juga akan sidak lagi, namun kami masih menunggu konfirmasi dari pemerintah daerah dan pusat untuk kegiatan itu,” kata Taufik Ariesta, Deputi Kepala perwakilan tim perumusan dan implementasi kebijakan dan keuangan daerah Bank Indonesia Sultra, Senin (26/4/2021).

Hingga memasuki pertengahan ramadan ini lanjut Taufik, diakuinya harga bahan pokok masih dalam batas kewajaran dan belum terjadi lonjakan, namun jika saja terjadi kenaikan harga dalam waktu dekat maka pihaknya siap menggelar operasi pasar.

“Dari hasil monitoring disejumlah pasar, memang belum terjadi lonjakan harga yang signifikan atau masih dalam batas normal, bahkan terdapat sejumlah bahan pokok yang mengalami penurunan harga, namun demikian jika dalam kurun waktu dekat ini terjadi lonjakan signifikan maka kami dari TPID siap gelar operasi pasar untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Dalam imbauan TPID yang terus disosialisasikan ke masyarakat agar tetap bijak dalam berbelanja serta tidak terpengaruh dengan kenaikan harga bahan pokok, demikian pula pihak distributor juga tidak memainkan harga ataupun penimbunan bahan pokok disaat menjelang lebaran nanti. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00