Basmi Mafia Tanah, Wali Kota Baubau Akan Bentuk Satgas

Wali Kota Baubau As Tamrin,(Dok.RRI).jpg

Deskripsi Gallery

KBRN, Baubau : Wali Kota Baubau As Tamrin akan membentuk tim satuan tugas (Satgas)  untuk mengatasi sengketa pertanahan yang kerap dipolemikan banyak pihak  hingga sampai akhirnya masuk pengadilan.Sabtu,(26/9/2020).

Menurut As Tamrin masih banyak oknum warga yang belum paham tentang apa itu tanah adat,  tanah Negara, Pemanfaatan Tanah Negara dan  peranan sertifikat, sehingga tidak sedikit akhirnya bermasalah dengan hukum.

Untuk itu, As Tamrin tengah merumuskan pembentukan satgas dengan koordinasi berbagai pihak, salah satunya kepolisian agar memberikan pembelajaran kepada oknum tertentu.

“Iya, saya akan bentuk itu (Satgas) tapi saya akan bicarakan dulu dengan pihak Polres dan kejaksaan, karena seperti info dari pengadilan masalah tanah menjadi krusial sekarang,”Tutur As Tamrin.

Langkah tersebut akan dilakukan agar mafia tanah tidak seenaknya menguasai tanah Negara tanpa mematuhi prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Wali Kota juga sebelumnya telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh lurah  di 43 kelurahan,  untuk menertibkan administrasi pertanah di wiliyah   masing-masing.

“Pernah saya keluarkan instruksi kepada lurah-lurah menertibkan administrasi di wilayah kelrauahnnya termasuk mengeluarkan alat bukti surat keterangan penguasaan tanah harus jelas riwayat tanahnya,”Harapnya.

Tak sampai distu, setiap lurah juga diminta untuk teliti dan jeli dalam mengeluarkan surat kepenguasaan tanah agar tidak bermasalah kemudian hari.

As Tamrin juga melarang penguasaan tanah disitus sejarah seperti di dalam Benteng Keraton dan sekitarnya maupun di sekitar Benteng Sorawolio.

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Wa Ode Nurliyani
  •   Tanggal : 26 Sep 2020

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00